Penurunan Penjualan Ponsel Diprediksi Sampai 2010

WASHINGTON - Meski banyak vendor getol mengeluarkan produk terbarunya, ternyata penjualan ponsel pada kuartal keempat ini mengalami penurunan sebesar 12,6 persen ketimbang tahun lalu.

Data yang dikeluarkan oleh IDC menyebutkan, penjualan ponsel pada kuartal terakhir pada tahun tersebut mencapai 289 juta unit atau turun 12,6 persen dari kuartal tahun 2007 lalu. Namun, secara keseluruhan selama 2008, ponsel berhasil menjual 1,18 miliar unit di seluruh dunia, naik 3,5 persen yang membukukan 1,14 miliar.

"Vendor ponsel telah mengalami penurunan sebanyak dua digit selama kuartal keempat tersebut. Dan kuartal pertama di 2009 ini akan menjadi penuh tantangan bagi penjualan," jelas Ramon Llamas, analisis senior dari IDC, seperti yang dilansir AFP, Kamis (5/2/2009).


"Kuartal keempat lalu, menjadi badai krisis ekonomi yang sangat kuat bagi kalangan industri ponsel ini," sambungnya.

Masih menurut laporan IDC, penurunan penjualan ini sulit diprediksi kapan berakhirnya. Bahkan, sampai tahun 2010 pun, awan gelap ini masih akan terus terjadi.

Kendati demikian, penjualan ponsel pintar mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tercatat peningkatan sebesar 22,5 persen selama tahun 2008. Dan ini bisa saja makin meningkat, seiring dengan tren penggunaan ponsel pintar yang semakin populer.

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails