T-Remittance, Mungkinkan Transfer Uang TKI via Ponsel

JAKARTA - T-Remittance dari Telkomsel memungkinkan para Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri bisa melakukan transfer uang ke keluarganya di Indonesia secara mudah, cepat, aman dan efisien.

Peluncuran ini merupakan kelanjutan implementasi T-Remittance setelah sukses diuji coba Live Demo di Hongkong April 2008 lalu dan mendapatkan ijin dari Bank Indonesia selaku regulator pada 12 Agustus 2008, sekaligus awal dari diversifikasi layanan dimana Telkomsel tidak hanya menghadirkan layanan selular tapi juga layanan transaksi kerjasama dengan perbankan.

"Kehadiran berbagai pihak dalam acara peluncuran ini karena kehadiran layanan remittance melalui mobile wallet T-Cash (Telkomsel Cash) ini tidak hanya sekedar komersialisasi konvergensi layanan operator selular dengan dunia perbankan, tetapi lebih dari itu menandai hadirnya new industry hasil kolaborasi yang melibatkan banyak pihak. Telkomsel lebih menjadi fasilitator dengan bertitik tolak dari melayani pelanggan kartu prabayar yang kini telah mencapai hampir 60 juta pelanggan," ujar Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja melalui keterangan resminya, Senin (8/9/2008).


Sebagai service leader operator selular di Indonesia, Telkomsel tidak hanya melayani masyarakat Indonesia yang berada di Indonesia tapi juga yang mereka yang kerja dan tinggal di luar negeri, sebagaimana di Hongkong ini melalui produk kartu prabayar simPATI Kangen yang merupakan hasil kerjasama dengan ShineTown Mobile (operator penyelenggara layanan) dan CSL (operator besar penyedia jaringan di Hongkong). Khusus dengan CSL Hongkong, Telkomsel memiliki ikatan batin yang erat melalui keanggotaannya dalam Bridge Alliance yang saat ini beranggotakan 11 Operator terkemuka di Asia Pacific.

Gabungan kedua layanan T-Remittance dan simPATI Kangen di Hong Kong ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan layanan yang ditunggu-tunggu oleh sekira 120.000 masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong, dimana rata-rata berpenghasilan sekitar HKD3,500/bulan (Rp 4,2 juta). Hal ini dikarenakan dalam hubungan anggota keluarga lintas negara, kebutuhan komunikasi dan distribusi uang antar mereka menjadi hal utama.

Layanan T-Remittance juga merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN baik dari sisi perusahaan maupun sinergi produk, dalam upaya meningkatkan value BUMN di tingkat global dan pelayanan masyarakat.

Sinergi yang dilakukan Telkomsel selaku anak perusahaan BUMN Telkom dengan BNI dalam� menghadirkan inovasi produk sinergi layanan selular dan perbankan bernama T-Remittance ini, mendapat dukungan penuh dari Kementrian BUMN.

Untuk kemudahan pengiriman uang, layanan T- Remittance menjadi solusi tepat, karena pelanggan cukup melakukan setoran (cash in) ke BNI di Hongkong. Setelah itu keluarga penerima yang telah menggunakan layanan T-Cash akan menerima notifikasi SMS kiriman dan dapat langsung menguangkan uang elektronik tersebut di kantor BNI terdekat (titik menguangkan akan terus ditambah di lebih banyak titik yakni GraPARI dan merchant-merchant T-Cash yang jumlahnya ribuan tersebar di berbagai wilayah Indonesia)

Kedepannya, setoran uang (cash in) juga bisa dilakukan di merchant mitra Telkomsel di Hongkong seperti ShineTown Mobile. Uang yang disetor otomatis menjadi uang elektronik yang tersimpan di dalam ponsel pengirim (ponsel menjadi dompet digital T-Cash), dimana pelanggan akan mendapatkan notifikasi SMS tentang jumlah uang yang disetor. Selanjutnya dapat mengirimkan uang elektronik dengan ponselnya melalui SMS kepada keluarganya pengguna layanan T-Cash di Indonesia dan bisa langsung diuangkan di titik Pelayanan T-Cash terdekat yang jumlahnya ribuan.

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails