Blackberry Model Flip Pertama Diluncurkan

Research In Motion (RIM) Ltd semakin agresif merilis smartphone baru. Belum lama, RIM merilis BlackBerry Bold. Kini, RIM memperkenalkan satu lagi smartphone terbaru, yaitu BlackBerry Pearl Flip.

BlackBerry terbaru ini memiliki penampilan berbeda daripada BlackBerry sebelumnya karena memiliki desain clamshell (lipat). Dengan Pearl Flip, RIM berharap mampu merangkul lebih banyak pelanggan. BlackBerry seri Pearl adalah lini yang dirancang untuk mengisi sektor konsumsi.

RIM merilis Pearl pertama pada September 2007. Pearl generasi pertama mengejutkan pasar karena smartphone itu memiliki fitur multimedia. Sebelum merilis Pearl generasi pertama, RIM merajai pasar smartphonesektor bisnis. Tidak mengherankan karena Black Berry memiliki suguhan utama aplikasia-plikasi produktivitas.

Fitur BlackBerry yang paling populer adalah aplikasi push email-nya yang andal. Dengan Pearl, RIM mampu mendobrak sektor konsumsi dan bersaing sengit dengan produsen ponsel terbesar dunia Nokia Corp. Dengan Pearl Flip, RIM berharap mampu mempersempit selisih pangsa pasar dengan Nokia karena Pearl Flip adalah smartphone lipat pertama di pasar.


"Sebanyak 75 persen pengguna ponsel di AS menggunakan ponsel lipat. Sebelum kehadiran Pearl Flip, tidak ada smartphone atau BlackBerry model lipat," kata Co-Chief Executive Officer Research In Motion Ltd Jim Balsillie. Layaknya sebagian besar smartphone gaya hidup, Pearl Flip tampil dengan desain cantik. Smartphone itu menggunakan cangkang bersepuh chrome yang mewah serta memiliki dimensi ramping.

Karena itu, Pearl Flip tampak lebih cocok digunakan kaum hawa. Seperti umumnya ponsel lipat, Pearl Flip dilengkapi dua layar. RIM mengungkapkan, kedua layar Pearl Flip adalah layar resolusi tinggi yang dilengkapi sensor cahaya sehingga Pearl Flip bisa menyesuaikan brightness (intensitas cahaya) layar.

Penyesuaian brightness layar bermanfaat untuk menghemat energi baterai. Guna memudahkan pengguna mengakses internet, Pearl Flip dilengkapi Wi-Fi. Sayang, Pearl Flip tidak dilengkapi HSDPA dan GPS. Juga, kamera digital pada Pearl Flip memiliki resolusi hanya 2 megapixel, serupa dengan kamera digital Pearl generasi pertama. Firma riset Gartner Inc mengungkapkan, RIM adalah produsen smartphone terbesar kedua dunia, setelah Nokia.

Pada kuartal kedua (April-Juni) 2008, RIM menguasai pangsa pasar global 17,4 persen. Pada saat yang sama, pangsa pasar Nokia di industri smartphone global adalah 47,5 persen. Namun, dalam beberapa kuartal terakhir, RIM mampu terus meraih pertumbuhan tertinggi dalam industri. Pada kuartal kedua 2008, penjualan RIM bertumbuh 126,4 persen per tahun.

Pada periode yang sama, Nokia hanya mampu meraih pertumbuhan 8,1 persen per tahun dan pertumbuhan rata-rata industri adalah 15,7 persen per tahun. Pertumbuhan pesat penjualan RIM mampu meningkatkan hampir dua kali lipat pangsa pasar RIM pada kuartal kedua 2008, dibandingkan pada kuartal kedua 2007.

Gartner menuturkan, RIM mampu bertumbuh sedemikian cepat karena RIM berhasil melakukan ekspansi ke pasar konsumsi. Gartner memaparkan, pada kuartal kedua 2008 penjualan smartphone global mencapai 32,2 juta unit. Nokia mampu menjual 15,3 juta unit smartphone.Adapun penjualan global RIM pada periode tersebut adalah 5,6 juta unit.

Produsen smartphone terbesar ketiga dunia HTC Corp mampu meraih penjualan 1,3 juta unit dan menguasai pangsa pasar global 4,1 persen. Smartphone Nokia menggunakan sistem operasi Symbian, BlackBerry menggunakan sistem operasi RIM, dan HTC menggunakan sistem operasi Windows Mobile produksi Microsoft Corp.

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails