Hak Cipta iPod Apple Digugat

SAN FRANSISCO - "Hey, Steve Jobs, anda tidak menemukan iPod, saya lah yang telah menemukan," demikian ucapan seorang pria inggris, Kane Kramer seperti dikutip Foxnews, Rabu (10/9/2008).

Kramer mengklaim bahwa dirinyalah yang telah mendesain iPod sejak tahun 1979. Sketsa iPod yang dibuat Kramer 29 tahun yang lalu itu diposting di situs pribadinya. Sketsa tersebut menunjukkan gambar iPod berbentuk persegi yang sebenarnya lebih mirip dengan Microsoft Zune. Sketsa yang dibuat Kramer menggunakan� teknologi untuk menyimpan musik berdurasi 3,5 menit dalam sebuah chip yang disebut IXI.

Sketsa gambar dalam format PDF 9 halaman itu,� juga menunjukkan desain toko musik yang dibuat pria berusia 52 tahun itu. Toko musik PIXYS diciptakan untuk mengupdate lagu-lagu terbaru bagi para pengguna alat yang diciptakannya itu.


Pengakuan Kramer dan, bukti-bukti kuat yang menopangnya itu, membuat sebagian media di Inggris mendukung upayanya untuk memperoleh bayaran dari Apple atas idenya itu.

London Daily Mail menyebutkan, Kramer dan keluarganya tidak pernah mematenkan hasil karyanya karena keterbatasan biaya. Saat ini, Kramer telah menjual rumah dan tidak pernah mendapatkan sepeser pun dari kesuksesan penjualan iPod.

Apple sendiri, selaku produsen iPod, memang belum pernah mengklaim telah menemukan MP3 Player itu, sejak diluncurkan pertama kali tahun 2001. Bahkan kabar terakhir menyebutkan bahwa pihak Apple telah mengakui hak cipta tersebut dan setuju untuk memberikan royalti hak cipta itu kepada Kramer.

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails