Pertumbuhan Penjualan Smartphone Melemah

Smartphone BlackBerry Bold produksi Research in Motion (RIM) diperkenalkan di Waterloo, Ontario, Kanada. Gartner Inc menilai, RIM mampu meraih pertumbuhan penjualan tertinggi di pasar smartphone global karena RIM mampu melayani dengan baik pasar bisnis dan konsumsi.

Nokia hanya mampu meraih pertumbuhan separuh dari pertumbuhan industri. Nokia harus memperkenalkan lebih banyak variasi desain pada N Series. Laporan terbaru firma riset Gartner Inc mengungkap,penjualan smartphone global pada kuartal kedua (April-Juni) 2008 meningkat 15,7 persen per tahun menjadi 32,2 juta unit.

Dalam industri ponsel secara umum, pangsa smartphone masih stabil pada 11 persen. Kendati penjualan smartphone pada periode tersebut mampu meraih pertumbuhan berdigit ganda, Gartner memperingatkan, resesi ekonomi ternyata mulai berdampak negatif terhadap penjualan produk tersebut. Sebab, daya beli konsumen turun sehingga konsumen pun menunda pembelian.


"Penjualan smartphone global pada semester pertama (Januari-Juni) 2008 naik 22 persen per tahun menjadi 64 juta unit. Namun, pertumbuhan ini lebih rendah daripada pertumbuhan pada 2007," ujar Principal Analyst Gartner Inc Roberta Cozza. Gartner menilai, penurunan pertumbuhan penjualan smartphone tidak hanya dipicu penurunan daya beli konsumen.

Penyebab yang lain adalah smartphonemulai tersaingi oleh ponsel-ponsel biasa, yang mulai menyuguhkan teknologi hampir sama dengan smartphone. Gartner menyatakan, produsen ponsel terbesar dunia Nokia masih menguasai pangsa pasar terbesar dalam industri smartphone, yakni 47,5 persen pada kuartal kedua 2008.

Akan tetapi, Nokia ternyata hanya mampu meraih pertumbuhan 8,1 persen, alias hanya sekitar separuh dari pertumbuhan industri. Dalam penilaian Gartner, pertumbuhan penjualan smartphone Nokia terhambat karena Nokia menghadapi persaingan semakin sengit dari pesaing. Paling utama adalah produsen smartphone BlackBerry, yaitu Research In Motion (RIM).

"Agar tetap kompetitif, Nokia harus memperkenalkan lebih banyak variasi desain di antara model N Series dan terus berinovasi. Rencana Nokia untuk memperkenalkan smartphone layar sentuh pada semester kedua (Juli-Desember) 2008 akan menguji kemampuan Nokia untuk menampilkan diferensiasi dan inovasi," papar Cozza.

Dalam industri smartphone global, RIM masih menempati posisi terbesar kedua dengan pangsa pasar 17,4 persen. Namun, dalam beberapa kuartal terakhir, RIM mampu terus meraih pertumbuhan tertinggi dalam industri. Pada kuartal kedua 2008, penjualan RIM bertumbuh 126,4 persen per tahun.

Pertumbuhan pesat penjualan RIM mampu meningkatkan hampir dua kali lipat pangsa pasar RIM pada kuartal kedua 2008, dibandingkan pada kuartal kedua 2007. Gartner menuturkan, RIM mampu bertumbuh sedemikian cepat karena RIM berhasil melakukan ekspansi ke pasar konsumsi.

Produsen lain yang mampu meraih pertumbuhan sangat tinggi adalah HTC. Pada kuartal kedua 2008, HTC menempati posisi terbesar ketiga dengan pangsa pasar global 4,1 persen. Kendati selisih pangsa pasar HTC dengan RIM, apalagi Nokia, masih sangat lebar, HTC mampu meraih pertumbuhan tahunan 119,6� persen.

Gartner menegaskan, HTC adalah pemain yang gemilang dalam industri smartphone global. Sebab, pada kuartal pertama (Januari-Maret) 2008 HTC masih menempati posisi terbesar ketujuh.Gartner mengamati, penjualan smartphone HTC mampu meningkat lebih dari dua kali lipat pada setiap tahun karena HTC berhasil merilis produk-produk inovatif seperti lini Touch.

Produsen smartphone yang tidak kalah menarik untuk diamati adalah Apple. Gartner melihat, pangsa pasar Apple di industri smartphone global pada kuartal kedua 2008 turun menjadi 2,8 persen. Padahal, pada kuartal pertama 2008 Apple mampu menguasai 5,3 persen. Gartner memperkirakan, penurunan signifikan pangsa pasar Apple di industri smartphone global terjadi karena Apple menghentikan produksi iPhone generasi pertama menjelang peluncuran iPhone generasi kedua.

Penghentian produksi itu dilakukan untuk membersihkan stok iPhone generasi pertama dari toko-toko. Setelah iPhone generasi kedua hadir, Gartner meyakini, pangsa pasar Apple akan meningkatkan signifikan pada semester kedua 2008 dan Apple pun diperkirakan siap menduduki posisi lima besar produsen smartphone global.

Berdasarkan sistem operasi, Symbian masih menguasai pangsa terbesar di pasar smartphone, yakni 57,1 persen pada kuartal kedua 2008. Namun, pangsa pasar Symbian ternyata turun. Pada kuartal kedua 2007, Symbian menguasai pangsa 65,6 persen. Gartner menganalisis, kinerja penjualan Symbian melemah akibat penurunan penjualan smartphone bersistem operasi Symbian.

Gartner memperingatkan, Symbian menghadapi persaingan semakin sengit di pasar smartphone karena pesaing menjadi semakin banyak dan inovatif. Seperti di pasar handset, sistem operasi RIM, yang digunakan BlackBerry, juga menempati posisi terbesar kedua.

RIM pun mampu meraih pertumbuhan tertinggi, yakni 126,4 persen. Pada posisi ketiga adalah Windows Mobile. Pada kuartal kedua 2008, pangsa pasar Windows Mobile tetap datar pada 12 persen.

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails