iPhone, Smartphone Terbaik Ke-3 di Dunia

LONDON - Apple iPhone telah menduduki posisi ketiga pada pasar smartphone global. Dilaporkan Gartner, iPhone telah menguasai 5,3 persen market share dalam waktu sekira setahun.

Walaupun Apple baru meluncurkan iPhone kurang dari setahun silam, iPhone telah mengantongi 5,3 persen market share dalam penjualan smartphone di seluruh dunia. iPhone dilaporkan telah berhasil menjual sekira 1,72 juta unit sendiri pada kuartal pertama tahun ini.

Berdasarkan laporan yang dirilis Gartner pada Jumat lalu, Nokia masih mendominasi pasar smartphone global dengan market share terbesar, yakni sekira lebih dari 45 persen, disusul RIM dengan BlackBerry-nya pada posisi kedua dengan besar market share 13,4 persen.



Khusus di Amerika Utara, di mana Nokia secara konsisten gagal untuk menciptakan impresi pasar smartphone, RIM mendominasinya dengan market share sekira 42 persen. Kemudian Apple iPhone bertengger di posisi kedua dengan 20 persen market share.

Berdasarkan data yang dipaparkan Gartner, RIM memiliki catatan yang sangat bagus pada pertumbuhan year-on-year, yakni pertumbuhan penjualan sebesar 107,3 persen, di mana ponselnya terjual secara global sekira dua juta unit pada Q1 2007 menjadi 4,3 juta unit pada Q1 2008. Nokia pun tercatat memiliki pertumbuhan penjualan year-on-year yang impresif, yakni sekira 25,3 persen.

"Pertumbuhan smartphone dipengaruhi besar oleh pasar-pasar pengganti, seperti Eropa. Di samping itu, penjualan smartphone juga terdongkrak dari pertumbuhan yang berlanjut di pasar Amerika Serikat, ujar research director for mobile devices Gartner, Carolina Milanesi, seperti dilansir ZDnet, Minggu (8/6/2008).

Gartner mengkategorikan smartphone sebagai mobile device yang mengadopsi sistem operasi terbuka di dalamnya.

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails