Sepatu Nike Bisa Mendeteksi Sinyal Wi-Fi

Model boleh jadul (jaman dulu) tapi kemampuan jangan ditanya. Sepatu sneakers bermerek Nike ini telah dilengkapi sebuah alat pendeteksi sinyal WiFi (Wireless Fidelity).

Mengulas tentang WiFi seolah tak ada habisnya. Beragam inovasi terus bermunculan di seputar pengembangan WiFi, dari implementasi sederhana hingga yang terkesan rumit. Kesemuanya itu bisa terkait langsung bagi akses data pengguna ponsel, seiring berkembangnya jumlah ponsel WiFi yang ada di pasaran. Nah, salah satu inovasi WiFi terbaru yakni sepatu yang berkemampuan mendeteksi sinyal WiFi.

Ide pembuatan sepatu ini tak lain untuk memberi kemudahan saat mencari hotspot WiFi. Maklum kadang banyak orang kerepotan untuk mencari lokasi hotspot. Setelah hotspot didapat, kita juga belum tahu soal kualitas sinyalnya. Tentu sinyal WiFi bisa dipantau lewat layar ponsel, tapi cara itu bagi sebagian orang dinilai kurang praktis. Lewat sepatu pendeteksi sinyal WiFi, jelas ada sensasi baru yang ditawarkan, sambil berjalan santai Anda bisa memantau keberadaan sinyal hotspot.

Jenis sepatu mengadopsi elemen sport, model yang terpilih untuk ujicoba adalah sepatu Nike Dunk. Penggagas ide unik ini ialah tim desainer asal Kanada yang berada dibawah naungan MSTRPLN bekerjasama dengan Ubiq, sebuah butik apparel—di Indonesia mirip seperti distro—untuk mendesain ulang sepatu Nike yang dipasangi pendeteksi WiFi. Mereka hendak mengawinkan antara elemen teknologi dan fesyen (desain).

Identitas sepatu ini memiliki julukan ASRD (A Step In Right Direction), dirancang dengan bentuk dan perlengkapan yang minimalis. Hanya ada tiga komponen utama yang saling terkait dengan kabel, yakni satu unit pendeteksi wireless, tiga lampu LED sebagai pengindikasi sinyal WiFi, dan bagian dalam yang sensitif pada tekanan (lihat gambar ilustrasi). Sumber tenaga berasal dari sistem kinetik pijakan kaki. Tidak ada alasan jelas mengapa ketiga komponen tersebut hanya dipasangkan pada sepatu sebelah kiri.

Pendeteksi wireless terletak di bawah lapisan atas penutup tali sepatu sehingga tak akan terlihat langsung. Tidak seperti lampu yang merefleksikan kekuatan sinyal yang tertangkap, ketiganya ada di bagian atas lapisan tadi. Jika sinyal yang dideteksi lemah, maka lampu akan berkedip-kedip. Kebalikannya, lampu akan menyala sangat terang jika sinyal WiFi sangat kuat. Alat pendeteksi dan lampu akan mulai aktif bekerja jika sol bagian dalam tadi tertekan atau dengan kata lain, sepatu sudah dipakai.

Kemana kaki melangkah saat menggunakan sepatu, penggunanya dapat memantau keberadaan sinyal WiFi dibawah jangkauan 50 meter. Jadi, jika papan petunjuk WiFi tak terlihat jelas tengok saja ke arah bawah, apakah lampu menyala terang maksimal atau justru sangat redup. Yah, walaupun wujudnya tak se-trendy sepatu yang Anda miliki sekarang, namun sepertinya para gadget freaks tak akan ketinggalan menilik fungsinya yang hitech.
Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails