E7 Pertaruhan Nokia

Nokia, pembuat ponsel terbesar dunia dalam volume, akan mengenalkan ponsel pintar model terbaru pada acara pertemuan media dan industri pekan depan, berusaha menyakinkan investor perusahaan dalam jalur menuju pemulihan.

Nokia, yang keuntungan dan harga sahamnya turun dalam beberapa tahun terakhir, sekarang bertaruh dengan pembaruan pada lini ponsel pintarnya, yang bisa menyelamatkan karir CEO Olli-Pekka Kallasvuo.

Produsen ponsel itu akan mengenalkan bendera barunya model E7--dengan layar sentuh berukuran besar dan full keyboard-- pada pameran di London, kata dua sumber yang mengetahui langsung rencana Nokia kepada Reuters.

Nokia juga akan meluncurkan model baru N8 kepada publik, ponsel pertama yang menggunakan perangkat lunak Symbian 3 terbaru, bersamaan dengan ponsel pintar baru lainnya, kata sumber.

Ping (Blogs | Articles): Nokia N8--dikenalkan April dan mulai dijual akhir bulan ini--mengalahkan para pesaingnya dengan kamera 12 mega pixel, tetapi memiliki prosesor lebih lambat dibanding model teratas Samsung, Galaxy S, dan iPhone terbaru.

"Ketika N8 mulai dipasarkan maka perangkat lain akan diluncurkan, Nokia berharap dapat meletakkan batu pondasi untuk pemulihannya dari serangan produk kompetitif sangat memukul pasar," kata Ben Wood, direktur penelitian di CCS Insight.

"Hal ini menjadi komitmen besar Nokia untuk memperbaiki Symbian dan produk unggulannya dengan menggunakan sistem operasi Symbian terbaru. Kegagalan bukanlah suatu pilihan," kata Wood.

Sistem operasi Symbian Nokia belum bisa menarik sejumlah besar pengembang perangkat lunak untuk tertarik membuat aplikasi yang kompatibel, yang merupakan titik kunci penjualan ponsel high-end.

Sudahkah Diperbaiki?

Nokia mengontrol 40 persen pasar ponsel pintar dengan perangkat lunak Symbian, tetapi telah kehilangan posisi terdepan diantara model ponsel paling mahal hingga yang mudah digunakan dari Apple dan Research in Motion.

Nokia gagal menggulirkan ponsel high-end, yang bermargin gemuk, telah memukul keuntungan dan harga saham perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. Saham Nokia telah jatuh kira-kira sepertiga dari pertengahan 2007 ketika iPhone mulai dijual.

Tahun lalu, Apple melampaui Nokia sebagai pembuat handset yang menghasilkan total keuntungan terbesar, meskipun hanya menjual satu iPhone untuk setiap 13 ponsel Nokia yang terjual.

CEO Kallasvuo, sumber industri mengatakan Nokia sedang berusaha menggeser dan berjanji penggunaan ponsel pintar Symbian Nokia tidak akan menjadi masalah hingga akhir tahun ini.

Dia akan menyampaikan pidato kunci di acara the London show pada 14 September pukul 9 pagi (04:00 EDT).

"Semua orang akan sangat penasaran tentang antarmuka Symbian 3," kata analis Francisco Jeronimo dari IDC.

"Kita mungkin akan melihat desain yang bagus dengan fokus pada layar sentuh ditambah harga yang sangat kompetitif, tetapi pertanyaan utamanya adalah: Apakah mereka sudah benar-benar memperbaiki user interface-nya?"

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails