Telkom-Indosat 'Tunangan' Bangun Satelit

Dua raksasa telekomunikasi di Indonesia, PT Indosat dan PT Telkom melakukan sharing infrastruktur dalam hal pembangunan satelit. Diharapkan, kerjasama ini mampu memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan.

"Melalui sharing infrastruktur antara Indosat dan Telkom ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi Capex bagi kedua belah pihak," sebut Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah, di saat penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) Indosat dan Telkom di Gedung Indosat, Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Sebagai langkah awal, dalam MoU ini juga tertuang bahwa Indosat dan Telkom bersiap untuk membangun infrastruktur satelit di daerah 150,5 derajat bujur timur, yang saat ini masih diisi oleh Palapa C2.

"Kita berkomitmen membangun satelit bersama, sekarang baru mau mencari slot. Setelah Mou akan ada tim dari kedua belah pihak yang menentukan planing, spesifikasi teknis, foot print, dan harga," sebut Rinaldi.


Sementara itu, menurut Presiden Direktur dan CEO PT Indosat Harry Sasongko, MoU antara Indosat dan Telkom ini masih merupakan tahap awal dari kerjasama ini.

"Ibaratnya, kita masih bertunanganlah," sebutnya.

Ditimpali oleh Rinaldi, investasi untuk satelit ini diperkirakan akan menelan dana sekira USD200 juta untuk 48 transponder.

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails