Android Selangkah Lagi Tumbangkan Blackberry

Setelah menumbangkan iPhone, Android diperkirakan segera menumbangkan BlackBerry karena selisih pangsa pasar Android dengan BlackBerry hanya tersisa satu poin persentase pada kuartal kedua 2010. Laporan terbaru firma riset Gartner Inc mengungkap, volume penjualan smartphone global pada kuartal kedua (April–Juni) 2010 meningkat 50,5 persen per tahun, menjadi 61,6 juta unit.

Gartner menilai, lonjakan pertumbuhan smartphone memang tidak mengejutkan. Namun,peta persaingan di pasar smartphone global sudah berubah total.Google Android Gartner menegaskan, pertama dalam sejarah, sistem operasi Android produksi Google Inc mampu meraih predikat sistem operasi terbesar ketiga di dunia.

Sebab, pada kuartal kedua 2010 volume penjualan smartphone bersistem operasi Android sudah melampaui iPhone produksi Apple Inc. Karena digusur Android, posisi iPhone OS (iOS), yaitu sistem operasi yang digunakan iPhone, kini turun ke peringkat empat.

"Di pasar sistem operasi smartphone global, Android bertumbuh sangat pesat sehingga melangkahi iOS," ujar Research Vice President Gartner Inc Carolina Milanesi.


Berdasarkan data Gartner, volume penjualan smartphone Android global pada kuartal kedua 2010 mencapai 10,6 juta unit.Pada periode yang sama, volume penjualan global iPhone hanya mencapai 8,7 juta unit. Tidak mengherankan, pangsa pasar global Android pun melambung mengalahkan iOS.

Dalam pemaparan Gartner, pangsa Android di pasar sistem operasi smartphone global pada kuartal kedua 2010 meningkat pesat menjadi 17,2 persen, dari 1,8 persen pada kuartal kedua 2009. Sementara itu, pangsa pasar iOS hanya meningkat tipis menjadi 14,2 persen, dari 13,0 persen. Berkat pertumbuhannya yang sangat tinggi, smartphone Android pun diperkirakan segera mengalahkan BlackBerry, produksi Research In Motion (RIM) Ltd, yang menempati posisi terbesar kedua di pasar smartphone global.

Di pasar tersebut, pangsa BlackBerry terus melemah sehingga selisih dengan Android pun menjadi semakin tipis. Gartner mengungkap, pada kuartal kedua 2010 pangsa pasar global BlackBerry melemah menjadi 18,2 persen, dari 19,0 persen pada kuartal kedua 2009. Alhasil, selisih pangsa pasar Android dengan BlackBerry pun hanya tersisa satu poin persentase. Jika Android terus bertumbuh pesat dan BlackBerry terus melemah, maka Android diperkirakan mampu menumbangkan BlackBerry pada kuartal ketiga (Juli–September) 2010.

Sadar posisinya melemah, RIM pun berupaya bangkit. Senjata andalan terbaru RIM di pasar smartphone global adalah BlackBerry Torch. Meski demikian, Gartner tidak yakin BlackBerry Torch akan memberikan bantuan signifikan kepada RIM, untuk membendung gempuran Android.

"BlackBerry Torch memang akan mampu mencegah pengguna BlackBerry pindah ke smartphone lain. Namun begitu, BlackBerry Torch tidak akan mampu membuat pengguna iPhone atau pun Android berpindah ke BlackBerry," tutur Milanesi.

Firma riset Firma riset NPD Group Inc sepakat dengan Gartner. NPD menilai, BlackBerry Torch tidak akan mampu menandingi smartphone-smartphone Android kelas atas karena BlackBerry Torch tidak memiliki spesifikasi teknis setinggi para pesaingnya.

"Contoh paling nyata, Black- Berry Torch tidak dilengkapi layar sentuh sebesar layar sentuh smartphone Android seperti Droid produksi Motorola Inc,atau pun Droid Incredible dan EVO 4G produksi HTC Corp," tutur Executive Director Industry Analysis NPD Group Inc Ross Rubin.

Sekadar catatan, BlackBerry Torch dilengkapi layar sentuh berukuran 3,2 inci. Sementara itu, Motorola Droid dilengkapi layar sentuh 3,7 inci, HTC Droid Incredible 3,7 inci, dan HTC EVO 4G bahkan 4,3 inci.

Dibandingkan iPhone, layar sentuh BlackBerry Torch juga lebih kecil karena Apple membekali iPhone dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci. Terpisah,firma riset International Data Corp (IDC) mengungkapkan, volume penjualan smartphone global pada kuartal kedua 2010 meningkat 50,4 persen per tahun menjadi 63,0 juta unit,dari 41,9 juta unit pada kuartal kedua 2009.

IDC mengungkapkan, pendorong utama pertumbuhan tersebut adalah smartphone bersistem operasi Android.

"Para sekutu Google meraih pertumbuhan tertinggi di pasar smartphone global pada kuartal kedua 2010. Pertumbuhan pesat pada periode tersebut terjadi berkat lonjakan minat konsumen terhadap smartphone Android," ujar Senior Research Analyst Worldwide Mobile Phone Tracker Program IDC Kevin Restivo.

Dalam kelompok lima besar,produsen smartphoneAndroid adalah produsen smartphone terbesar keempat di dunia HTC dan produsen smartphoneterbesar kelima di dunia Samsung Electronics Co Ltd. Pada kuartal kedua 2010, masing-masing produsen tersebut mampu meraih pertumbuhan lebih dari 100,0 persen. IDC menjelaskan, HTC mampu menjual global 4,8 juta unit smartphone pada kuartal kedua 2010, alias naik 128,6 persen dari 2,1 juta unit pada kuartal kedua 2009.

IDC mengungkapkan, produk HTC yang paling laris pada periode tersebut adalah smartphone-smartphone Android seperti Desire, Droid Incredible,dan EVO 4G. IDC menambahkan pula, Samsung mampu meningkatkan volume penjualan smartphone global sebesar 172,7 persen per tahun pada kuartal kedua 2010,menjadi 3,0 juta unit,dari 1,1 juta unit pada kuartal kedua 2009.

Seperti HTC, IDC menilai,pendorong utama pertumbuhan Samsung adalah smartphone Android seperti Galaxy S Series. Berkat pertumbuhan mereka yang sangat tinggi, kedua raksasa smartphone Android itu pun mampu meningkatkan pangsa secara signifikan di pasar smartphone global. Berdasarkan data IDC,pangsa pasar HTC pada kuartal kedua 2010 meningkat menjadi 7,6 persen, dari 5,0 persen pada kuartal kedua 2009.

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails