iPhone 3GS atau iPhone 3G S?

Apple sukses meluncurkan iPhone 3G S. Namun yang menjadi sedikit polemik adalah penggunaan kata 'S' itu sendiri. Pasalnya, ada dua versi mengenai penggunaan nama ponsel cerdas ini yaitu, iPhone 3GS dan iPhone 3G S (dengan huruf S terpisah).

Awalnya, melalui situs resmi Apple, perusahaan besutan Steve Jobs ini menggumumkan ponsel mereka dengan menggunakan kata 'iPhone 3G S'. Komunitas Apple yang tergabung dalam Macworld pun tanpa ragu lagi mengikuti nama resmi yang telah diajukan.

Akan tetapi, saat peluncuran tiba, Apple melakukan klarifikasi terhadap beberapa media. Rupanya, Apple ingin kata 'S' tersebut tidak usah dipisah. Bahkan empat hari kemudian, Apple secara resmi meminta kepada media untuk mengubah nama ponsel yang telah laku hingga satu juta unit itu, dengan nama iPhone 3GS (tanpa dipisah).

Tentu saja banyak media dan penggemar Apple bingung dibuatnya. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya, mengapa Apple melakukan itu? Jadi penggunaan namanya iPhone 3GS atau iPhone 3G S?


PC World, Kamis (25/6/2009) melaporkan ada beberapa spekulasi yang beredar mengenai gonta-ganti perubahan nama tersebut. Yang pertama, karena ini terkait dengan masalah perlindungan hukum atas hak cipta. Dengan kata 'S' yang digabung (iPhone 3GS), tentu menjadi mudah perlindungannya.

Kedua, terkait pencarian di mesin pencarian macam Google. Menurut pihak Apple, dengan memasukan kata 'S' yang dipisah (iPhone 3G S), ditakutkan layanan itu tidak bisa menunjukan berita yang dimaksud. Bisa jadi, semua kata yang memiliki unsur 'S' akan muncul ketika kode pencariannya menggunakan kata (iPhone 3G S). Ini akan berbeda, jika memasukan kata yang sebaliknya.

Namun hingga kini, melalui keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Apple. Penggunaan iPhone 3GS adalah merek resmi yang terbaik dan terus menerus dipakai.


Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails