Jepang Larang Ponsel di Sekolah

TOKYO - Maraknya penggunaan ponsel oleh remaja ke sekolah ternyata banyak menimbulkan efek negatif. Selain mengganggu pelajaran, tindak kekerasan akibat ponsel juga banyak terjadi. Melarang ponsel ke sekolah pun jadi solusi.

Peraturan untuk melarang membawa ponsel ke sekolah sedang coba digodok oleh parlemen di Jepang. Mereka mulai khawatir dengan dampak buruk ponsel terhadap siswa. Dalam data yang dihimpun, sebanyak 6 ribu kasus kekerasan yang terkait ponsel terjadi di sekolah sejak tahun 2007.


Kompetisi Website Kompas Muda
Dalam laporan The Sunday Morning, Rabu (24/12/2008), pemeritah Matahari Terbit itu tidak akan tergopoh-gopoh dalam meluluskan rencana ini. Sebab, jika terlalu cepat disahkan, akan menimbulkan kontroversi dikalangan pelajar.

Pemerintah Jepang sendiri saat ini sudah membentuk tim khusus untuk menanggulangi masalah tersebut. Tim ini pun telah memberi rekomendasi kepada seluruh sekolah di Jepang untuk melarang ponsel digunakan di lingkungan sekolah.

Keseriusan Jepang dalam pelarangan ini, sebenarnya juga tidak terlepas suatu peristiwa yang terjadi bulan lalu. Saat itu seorang pelajar nyaris melakukan aksi bunuh diri karena foto telanjang yang yang diambil olehnya, tersebar luas di kalangan sekitarnya.

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails