RIM: Harga Blackberry Tergantung Provider Partner

JAKARTA - Ternyata produsen Blackberry tidak mengeluarkan harga resmi untuk dibandrol dalam setiap produk Blackberry yang dikeluarkan.

"Ada hal yang tidak bisa kita sebar luaskan, termasuk masalah target penjualan, angka keuntungan dan lain-lain, termasuk harga produk Blackberry yang dipasarkan," ujar Regional Vice President Research in Motion Asia Pasific Gregory Wade di sela peluncuran Blackberry Bold di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (28/8/2008).


Untuk Blackberry Bold sendiri, Research in Motion (RIM) selaku produsennya tidak mau memberikan harga yang di pasang untuk satu unitnya.

"Blackberry tidak didistribusikan secara langsung melainkan melalui provider partner. Hal ini menyebabkan harga yang diberikan akan berbeda-beda karena ditentukan oleh provider yang akan diajak bekerja sama. Kami memberikan kebebasan kepada setiap partner Blackberry untuk menentukan paket servis-nya," papar Wade.

Untuk seri Bold ini, Wade menambahkan bahwa RIM telah meluncurkan Bold di beberapa negara seperti Australia, Hong Kong, Singapura, dan saat ini Jakarta. Dia pun mengklaim bahwa penjualan Blackberry Bold di negara-negara tersebut tergolong sukses dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

"Selain mengetengahkan perangkat dengan entry price level, strategi kami untuk bisa masuk ke kalangan menengah adalah dengan ketersediaan software dan layanan internet yang bisa digunakan oleh kalangan bisnis skala kecil. Hal itu juga yang menjadi alasan mengapa kami mendistribusikan Blackberry dengan menggandeng operator telekomunikasi," jelas Wade.

Strategi tersebut pula yang menjadikan alasan RIM untuk bisa masuk ke pasar Indonesia. Semua hanya karena Indonesia sudah diselimuti oleh layanan nirkabel, baik internet maupun video streaming. Bahkan hingga 10 tahun masa pengabdiannya, RIM berhasil mengumpulkan sekira 16 juta pelanggan dari seluruh wilayah pasar.

Menurut data Business Week tahun 2006, RIM termasuk dalam 25 Most Innovative Company yang mendominasi wireless market. Di Amerika Utara, penjualan Blackberry menduduki posisi nomor satu untuk pasar Smartphone. Bahkan hingga kini RIM telah merangkul 375 carrier dan channel yang ada di 140 market untuk wilayah Asia Pasifik dan didukung oleh 39 carrier di 18 wilayah.

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails