Microsoft Zune Buru Konten Eksklusif

SAN FRANSISCO - Produsen software terbesar dunia Microsoft Corp rupanya tidak kunjung jera bertarung dengan Apple Inc di industri PMP (portable media player).

Guna meningkatkan daya saing Zune atas iPod, Microsoft kini sedang memburu konten eksklusif dari studio Hollywood untuk Zune.

"Kami mencari konten untuk Zune yang tidak ada pada iTunes atau layanan-layanan pesaing," ujar Director Entertainment Development Zune Richard Winn.

Microsoft merilis perdana Zune pada November 2006, jauh tertinggal dari Apple yang merilis iPod pada Oktober 2001. Pada Mei, Microsoft mengaku mampu menjual total 2 juta unit Zune sejak peluncuran perdana. Angka penjualan Zune itu tentu jauh lebih kecil dari angka penjualan iPod.


Sebab, Apple dikabarkan mampu menjual ratarata 3,5 juta unit iPod per bulan. Pada kuartal kedua 2008, Apple mengaku berhasil menjual lebih dari 11 juta unit iPod. iPod menjadi sangat populer karena didukung layanan online iTunes Store. Microsoft pun sudah menyiapkan layanan serupa untuk mendampingi Zune, yaitu Zune Marketplace.

Namun, kombinasi hardware dan jasa Microsoft itu rupanya tidak kunjung populer. Dengan konten eksklusif dari Hollywood, Microsoft berharap popularitas Zune akan meningkat. Industri itu memang sangat kompetitif. Tanpa keunikan, produsen dijamin tidak akan bertahan lama di industri itu.

Sebagai contoh adalah produsen PC (personal computer) terbesar kedua dunia Dell Inc. Melihat sukses Apple dengan iPod, Dell tergoda memproduksi PMP. Dell pun beberapa tahun silam merilis PMP bernama DJ Ditty. Namun, kiprah DJ Ditty di pasar PMP ternyata hanya ? seumur jagung?.

Karena tidak laku, Dell pun menghentikan produksi PMP tersebut. Isu penghentian produksi juga sempat menimpa Zune. Karena Zune tidak laku, beredar rumor bahwa Microsoft akan segera menghentikan produksi PMP itu.

Namun, isu itu disangkal oleh President Entertainment and Devices Division Microsoft Corp Robbie Bach. Zune yang beredar pada saat ini adalah Zune generasi kedua. Microsoft pun sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan Zune, termasuk dengan mempercantik penampilan Zune.

Sebagai contoh, guna menyambut Hari Valentine silam, Microsoft merilis Zune edisi Valentine. Pada November 2007, Microsoft menawarkan pula Zune bercorak grafis. Di toko online Zune Originals (www.zuneoriginals.net), konsumen dapat memilih puluhan corak grafis. Corak-corak tersebut terbagi dalam tiga kelompok besar, yaitu Artist Series, Tattoo Series, dan Text Series.

Khafi Network by Kv
TI | Hp | Mp3 | Motivasi | Humor | Online Business

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails