Meski Dikalahkan Mini PC, Desktop PC Tidak akan Hilang

JAKARTA - Desktop Personal Computer yang beberapa tahun terakhir ini mulai kalah pamor dengan munculnya laptop beraneka kelebihan yang mulai menunjukkan geliatnya.

ASUS, yang biasanya hanya mengeluarkan elemen rakitan, kali ini masuk ke pasaran berkonsep full sistem bertitel ASUS Mini PC seri PX20, EP20, dan Eee Box.

PX20, EP20 dan Eee Box menjadi pioner dalam ukuran di seksi PC. Dengan volume masing-masing 2 L dan 1 L, serta kapasitas tak kalah dengan PC umumnya, piranti ini menjadi primadona baru. Built in 2 HiFi speaker dengan dukungan Intel Dothan 900 MHz, memperkuat posisi mini PC ASUS sebagai pilihan untuk beralih dari PC lama.


Isu penghematan menjadi hal yang paling ditekankan dalam peluncuran ASUS Mini PC ini. Lahan dunia yang semakin sempit dan naiknya tarif listrik di seluruh dunia menjadi poin yang membuat mereka maju selangkah dibanding PC pada umumnya.� Konsumsi daya yang diperlukan PC berukuran compact ini kurang dari 20 watt, yang berarti 1:10 bila disejajarkan dengan PC biasa bervolume 20-30 L.

"Kehadiran PC mungil inovasi baru ini diramalkan akan menggeser keberadaan PC lama. Menurut data yang saya miliki, sejak kemunculannya tahun lalu, oplah penjualan mini PC terus meningkat 5 persen dari total penjualan 65.000 unit. Dipastikan juga nilai akan terus meningkat 10 persen untuk penjualan di tahun ini dan tahun-tahun depan," ujar Account Specialist and Marketing Asus Technology Tirtasaputra Salim di sela peluncuran mini PC dan Eee Box di Jakarta, Jumat (29/8/2008) kemarin.

Menurut dia, negara Jepang menjadi negara paling tinggi yang memanfaatkan mini PC. Hal ini dikarenakan harga lahan yang sangat mahal di negeri sakura sehingga membuat mini PC menjadi angin segar untuk penghematan ruang. Lebih lanjut dia memaparkan bahwa sekira 40 hingga 30 persen penjualan mini PC diraih pada tahun lalu dan dipastikan akan terus meningkat menyusul keluarnya inovasi baru dari ASUS ini.

Namun kekhawatiran bahwa PC berukuran besar dan boros energi akan segera digeser mini PC rasanya tak perlu. Pasalnya masih ada bisnis yang memerlukan kinerja berketahanan tinggi dan multitasking, seperti bisnis desain dan perfilman, yang membuat keberadaan PC lama tak akan hilang. Hal itu untuk mengimbangi kemunculan mini PC yang mendapat respon baik dan mengurangi apresiasi user terhadap PC berukuran besar.

"Target Asus sendiri, untuk mini PC dan Eee box, berkisar 15-20 ribu unit di Indonesia, dan 300.000 unit di seluruh dunia," jelas Tirtasaputra

Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails