Black Market Marak, Rusia Kebagian Jatah iPhone

MOSKOW - Sebuah distributor telekomunikasi terbesar di Rusia Mobile teleSystems (MTS), telah menyetujui perjanjian dengan Apple untuk menjual iPhone yang diperkirakan mulai dipasarkan pada bulan Oktober.

Hal ini untuk menghentikan lebih dari 600.000 iPhone ilegal yang sudah membanjiri pasar gelap Rusia dalam dua tahun terakhir. Untuk menjawab tantangan ini sudah ada dua distributor, salah satunya adalah MTS, yang sudah menandatangani kerangka perjanjian resmi dengan produsen Apple dan diharapkan akan ada kesepakatan berikutnya minggu depan, seperti yang diramalkan para analis dan sumber pasar.

"Total penjualan iPhone yang diramalkan akan dijual oleh ketiga distributor besar itu sebanyak 3,5 juta unit dalam dua tahun ke depan, satu juta-nya menjadi target pasar MTS," ujar analis Eldar Murtazin, berdasarkan hasil penelitian dari Mobile Research Group, seperti dikutip melalui Yahoo News, Selasa (26/8/2008).

Pihak Apple sendiri menargetkan menjual 10 juta unit iPhone dan analisis yakin Apple dapat mencapai target tersebut karena dukungan model baru generasi ketiga (3G) yang berkecepatan tinggi, dengan oplah penjualan 1 juta unit di minggu pertamanya.

Walaupun belum dijual secara resmi dan kerap diselundupkan dalam koper atau melalui kurir, namun iPhone telah menjadi simbol status di negara beriklim dingin ini. Murtazin menambahkan bahwa mulai hadirnya distributor resmi akan sangat bagus untuk menjawab tingginya jumlah permintaan iPhone di Rusia.

Para distributor resmi ini disarankan membeli iPhone dengan USD399 per unitnya dan menjualnya dengan harga USD990. Hal ini dimaksudkan untuk mematikan laju unit iPhone ilegal yang sudah beredar lama, namun bisa dijual di atas harga minimum yang ditetapkan iPhone untuk menjual unit produknya di luar negeri.

Sayangnya target penjualan 3,5 juta unit ini diperkirakan akan mengundang inflasi dan mengakibatkan operator telekomunikasi yang menanggung kerugiannya karena mereka akan gagal menerapkan beberapa syarat tertentu kepada rangkaian pengecer yang menjual iPhone.

Namun bagai dua sisi koin, di balik kerugian yang diramalkan, ada kemungkinan keuntungan yang dapat dikeruk operator. Bila para konsumen tidak keberatan dengan harga yang dibandrol para distributor, maka operator akan kecipratan untungnya. Pasalnya, semakin canggih handset yang digunakan, maka akan menstimulasi pelanggan untuk memanfaatkan layanan yang lebih, seperti mobile Internet dan transmisi data.

Sekedar informasi, operator telekomunikasi di Rusia paling banyak mendapatkan keuntungan dari trafik suara, sedikit lebih kecil dari pendapatan para operator di negara Barat.


Khafi Network by Kv
TI | Hp | Mp3 | Online Business

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails