Uber Esia Kini Diperkuat 3G CDMA

JAKARTA - Grameen Foundation, Bakrie Telecom dan Qualcomm Incorporated melalui inisiatif Wireless Reach Qualcomm meluncurkan Village Phone Program yang pertama di Indonesia.

Program Telepon Pedesaan dengan nama Uber (usaha bersama) ESIA ini akan memanfaatkan teknologi 3G CDMA untuk menghadirkan layanan telekomunikasi nirkabel yang terjangkau bagi masyarakat pedesaan. Uber Esia bertujuan untuk memfasilitasi akses telekomunikasi yang terjangkau melalui cara-cara yang berkelanjutan, bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat pedesaan Indonesia.


Uber ESIA adalah salah satu dari program-program serupa di seluruh dunia yang telah diluncurkan oleh Grameen Foundation sebagai Program Telepon Pedesaan (Village Phone Program). Namun inisiatif ini merupakan program pertama yang menggunakan 3G CDMA, sehingga para pengguna dapat mengakses layanan suara berkualitas tinggi dan beragam aplikasi bergerak canggih, termasuk data berkecepatan tinggi.

Grameen Foundation, Bakrie Telecom dan Qualcomm akan bekerja sama dengan lembaga pembiayaan usaha mikro lokal Indonesia untuk membantu mitra usaha kecil dalam peminjaman dana yang dibutuhkan untuk membeli sebuah usaha Telepon Pedesaan (Village Phone), yang terdiri dari sebuah telepon nirkabel 3G CDMA dan charger, materi pemasaran, poster harga, kartu nama dan materi pelatihan. Operator Telepon Pedesaan (Village Phone Operator atau VPO) akan menjalankan usaha mereka di daerah pedesaan yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan telekomunikasi dan menyewakan telepon kepada lingkungan disekitar mereka dengan cara penggunaan berdasarkan per telepon.

"Berlandaskan visi kepemimpinan Grameen Telecom, Grameen Foundation berkomitmen untuk memastikan bahwa masyarakat miskin tidak tertinggal di era teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat. Pembiayaan usaha mikro membantu agar teknologi dapat terjangkau oleh masyarakat miskin dan kami sangat antusias bekerja sama dengan Qualcomm dan Bakrie Telecom untuk membantu usaha mikro Indonesia di daerah pedesaan untuk membangun usaha mandiri yang juga dapat meningkatkan kehidupan sosial-ekonomi di lingkungan masyarakat yang lebih luas," ujar President dan CEO of Grameen Foundation Alex Counts, melalui siaran pers, Rabu (30/7/2008).

Model Telepon Pedesaan memungkinkan semua orang dapat memperoleh manfaat dari inisiatif ini. Lembaga pembiayaan usaha mikro menyediakan layanan finansial dan memperoleh pemasukan dari bunga pinjaman serta komisi dari penjualan waktu dari penggunaan kartu pra-bayar kepada klien-klien mereka. Mereka juga menarik klien-klien baru yang tertarik dengan kesempatan untuk memulai usaha yang berorientasi teknologi ini.Perusahan-perusahaan telekomunikasi memperoleh manfaat melalui penetrasi pasar baru.

VPO menawarkan harga yang terjangkau bagi pelanggan mereka dan sekaligus memperoleh penghasilan yang cukup untuk membayar kembali pinjaman mereka serta mendapatkan keuntungan yang akan memungkinkan mereka untuk berinvestasi untuk kesehatan, nutrisi dan pendidikan bagi keluarga serta usaha mereka. Proyek ini bertujuan untuk memberdayagunakan masyarakat tertinggal di daerah pedesaan Indonesia melalui telekomunikasi bergerak dengan menggunakan layanan Uber ESIA dari Bakrie Telecom yang berbasis teknologi nirkabel 3G CDMA.

Tujuan positif lain dari inisiatif ini adalah memberdayagunakan wanita di pedesaan, karena para ibu rumah tangga adalah target utama inisiatif ini. Wanita memiliki peran yang penting dalam membantu penghasilan keluarga, namun mereka masih memiliki keterbatasan posisi dan akses untuk sumber daya ekonomi. Data Biro Pusat Statistik menunjukkan bahwa dari populasi 97,5 juta, hanya 35,4 juta wanita (36,3 persen) yang tercatat memiliki pekerjaan, dan 59,9 persen atau 21,2 juta diantaranya merupakan lulusan Sekolah Dasar. Selain itu sebanyak 26,3 juta (74,28 persen) wanita bekerja pada sektor informal. Uber ESIA akan memfasilitasi mereka untuk memperoleh pemasukan tambahan bagi keluarga mereka.

"Qualcomm optimis bahwa akses untuk layanan suara dan data nirkabel canggih akan meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi seluruh masyarakat dimanapun mereka berada. Kami pun mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk menyediakan layanan komunikasi bertaraf dunia di seluruh Indonesia termasuk di daerah pedesaan," ujar President Qualcomm Southeast Asia-Pacific John Stefanac.

Download Lagu - Online Blog

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails