Nokia - Qualcomm Damai, Bentuk Kesepakatan

SAN DIEGO - Nokia dan Qualcomm akhirnya mencapai kata damai. Mereka pun membuat perjanjian baru untuk melindungi hak cipta dan penggunaan teknologi yang dimiliki kedua perusahaan.

Perjanjian baru yang akan mereka laksanakan adalah seputar perlindungan terhadap penggunaan teknologi standar seperti GSM, EDGE, CDMA, WCDMA, HSDPA, OFDM, WiMax, LTE dan teknologi lainnya. Kesepakatan ini pun dapat diartikan penyelesaian akan kasus sengketa yang terjadi antara ke dua perusahaan, termasuk keluhan Nokia yang telah dilayangkan ke komisi Eropa.


Kesepakatan yang akan berlangsung 15 tahun ke depan ini juga dapat diartikan izin yang memperbolehkan lisensi penggunaan paten Qualcomm pada perangkat handset Nokia dan infrastruktur yang dimiliki oleh Nokia Siemens Network. Bahkan Nokia juga setuju untuk memungkinkan teknologi Nokia terintegrasi ke dalam chipset milik Qualcomm.

Dalam perjanjian tersebut juga diatur masalah pembayaran hak penggunaan dan pembayaran yang menyangkut royalti kepada Qualcomm. Nokia pun setuju untuk menyerahkan kepemilikan beberapa patennya kepada Qualcomm, termasuk paten teknologi WCDMA, GSM dan OFDMA.

"Kami percaya kesepakatan ini akan memberikan aura positif bagi industri, yang memungkinkan pengambilan keuntungan dari sebuah inovasi dan teknologi. Bahkan perlindungan hak cipta yang dimiliki atas temuan hasil karya akan semakin terjamin," ujar CEO Nokia Olli-Pekka Kalasvuo melalui keterangan resminya, Kamis (24/7/2008). Hal yang sama pun diutarakan oleh CEO Qualcomm Paul E Jacobs yang juga turut menyambut kesepakatan ini secara positif.

Download Lagu - Online Blog

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails