Beli Tiket Mandala via Dompet-Ku Indosat

JAKARTA - Indosat dan Mandala Airlines melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama bidang pemasaran dan layanan kepada masing-masing pelanggan, baik pelanggan Indosat maupun Mandala Airlines.

Kerjasama yang ditandatangani oleh Direktur Utama Indosat Johnny Swandi Sjam dan Chief Executive Officer Mandala, Warwick Brady, akan menyediakan layanan seputar micro-payment, SMS-based campaign, kerjasama pemasaran dan penjualan, serta layanan corporate solution bagi solusi telekomunikasi Mandala Airlines.

"Kami menyambut gembira kerjasama dengan Mandala Airlines ini. Merupakan kebanggaan bagi kami dapat melakukan berbagai kerjasama layanan yang akan memberikan berbagai manfaat dan nilai tambah bagi pelanggan Indosat dan Mandala Airlines," ujar Johnny Swandi Sjam dalam sambutannya usai acara penandatanganan, di Jakarta, Selasa (29/7/2008).

Untuk layanan micro payment, kerjasama yang dilakukan berupa pembayaran tiket Mandala Airlines melalui layanan mobile-wallet Indosat (dompet-ku) yang nantinya akan dikombinasikan dengan WAP booking yang dikembangkan oleh Mandala Airlines. Dompet-ku sendiri merupakan layanan pembayaran/pembelian jasa yang diberikan oleh rekanan
yang telah memiliki kerjasama dengan Indosat melalui penggunaan perangkat handphone yang menggunakan kartu Indosat yaitu Matrix, Mentari dan IM3, dengan lebih dahulu melakukan registrasi.

Perkembangan teknologi telepon dan pertumbuhan jumlah pelanggan telepon genggam yang saat ini hampir mencapai lebih dari 100 juta pelanggan di Indonesia menjadikan transaksi melalui WAP dan micropayment sebagai pilihan logis bagi pengembangan pelanggan Mandala. Industri penerbangan domestik di Indonesia telah tumbuh hingga 500 persen hingga melewati angka 39 juta penumpang pada 5 tahun terakhir, dan Mandala sendiri telah mengalami peningkatan penumpang hingga di atas 100 persen pada 12 bulan ke belakang. Dua kondisi ini menempatkan dunia maskapai sebagai mitra ideal untuk produk teknologi paling mutakhir abad ini.

"Transaksi melalui WAP ini sekali lagi mengukuhkan betapa Mandala merupakan maskapai terdepan dalam inovasi. Metode ini akan menjadi saluran pemesanan tiket yang cepat, yang nantinya juga akan menjadi pembayaran cepat.Ini juga merupakan suplemen atas transaksi internet banking yang menggunakan Visa dan Master card atau pun pembayaran melalui ATM Mandiri, BNI, BII dan BRI. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan bagi para pelanggan dalam melakukan pembayaran yang cepat dan mudah," ujar CEO Mandala, Warwick Brady.

WAP adalah wireless access point atau wireless application protocol, yang memungkinkan para pelanggan melakukan pemesanan dengan menggunakan piranti komunikasi apa pun yang memiliki fasilitas WAP. Para pelanggan Mandala hanya tinggal mengakses sistem reservasi Mandala di WAP Mandala untuk melakukan pemesanan, mengetahui jadwal penerbangan dan harga tiket. Nantinya, didukung dengan sistem micro payments Indosat menjadikan pelanggan tidak perlu menggunakan rekening bank, kartu kredit atau bahkan melakukan pembayaran tunai. Semuanya cukup dilakukan hanya dengan menggunakan account Indosat yang dimiliki.

Selain sistem micro payment, kerjasama lain yang akan dikembangkan adalah kegiatan promosi menggunakan fasilitas SMS, antara lain penjualan melalui SMS bulk dan SMS alert yang akan digunakan Mandala sebagai media informasi yang cepat kepada pelanggannya mengenai jadual keberangkatan pesawat, info perubahan waktu dan lain-lain. Kerjasama pemasaran dan penjualanuga akan dijajagi sebagai bentuk kegiatan marketing yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, termasuk kerjasama dalam suatu event, sponsorship dan juga sebagai ?corporate customer? kedua belah pihak.

Dipaparkan Warwick Brady bahwa Mandala akan memberlakukan promosi khusus untuk mendorong para pelanggan melakukan pemesanan tiket melalui fasilitas WAP dan micro payment. Mandala menawarkan ?zero fare? untuk seluruh rute penerbangan Mandala bagi pelanggan Indosat yang melakukan pemesanan tiket melalui WAP Mandala, mulai tanggal 5 Agustus sampai 11 Agustus 2008 untuk periode penerbangan Januari, Februari dan Maret 2009.

Download Lagu - Online Blog

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails