Indosat Gelar Jaringan SKKL JAKABARE


JAKARTA - PT Indosat Tbk (Indosat) baru-baru ini memulai pembangunan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) JAKABARE yang akan menghubungkan Indonesia dengan Singapura. JAKABARE merupakan jaringan kabel laut sepanjang lebih dari 1.300 kilometer, meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Batam, dam Singapura.

"Pembangunan SKKL Jakabare ini merupakan wujud komitmen investasi kami di tahun 2008 untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan telekomunikasi, khususnya dalam mendukung kebutuhan bandwidth yang tinggi untuk layanan komunikasi data dan internet," demikian disampaikan oleh Direktur Utama Indosat Johnny Swandi Sjam melalui keterangan resmi yang diterima okezone, Senin (5/5/2008).


SKKL Jakabare diharapkan akan selesai pembangunannya pada semester I-2009 ini. Sistem komunikasi ini mampu menyediakan kapasitas 160 Gbps hingga 640 Gbps yang akan memberikan konektivitas bandwidth yang tinggi.

Indosat berharap pembangunan SKKL tersebut dapat mengantisipasi pertumbuhan pasar layanan komunikasi data dan internet di Indonesia. Jaringan ini dilaporkan nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kapasitas jaringan yang melayani rute Indonesia ke Singapura.

"SKKL Jakabare ini akan memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan pasar broadband di Indonesia. Kami berharap SKKL Jakabare ini akan dapat mendukung perusahaan dalam memberikan layanan komunikasi data dan internet dengan kualitas yang semakin baik dan meningkatkan kenyamanan komunikasi data pelanggan," tutur Johnny.

Proyek jaringan SKKL Jakabare yang dikerjakan Indosat bersama dengan mitranya NEC Corporation, akan memiliki 4 titik pendaratan di masing-masing pulau antara lain Tanjung Pakis (Karawang, Jawa Barat),� Sungai Kakap (Pontianak, Kalimantan Barat), Tanjung Bemban (Batam), dan Changi (Singapura).

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan ya...

Related Posts with Thumbnails