Tren Ponsel ke Depan di Pasar Mid-Low

Ponsel-ponsel Nokia kali ini cukup terjangkau. Ini merupakan bukti keseriusan Nokia untuk menggarap pasar low end karena segmen inilah yang masih memiliki potensi besar.

Dilengkapi dengan kamera 1,3 megapixel, QVGA beresolusi tinggi, radio FM, voice and video recorder, ringtone MP3, Nokia 5000 akan disasarkan pada segmen pasar wirausahawan dengan mobilitas tinggi. Untuk konektivitas, Bluetooth, Nokia Xpress Audio Messaging, dan GPRS sudah disediakan terintegrasi di dalam ponsel.

Selain itu, Nokia juga memperkenalkan Nokia 2680 Slide merupakan produk pertama Nokia untuk entry-market, yang mengunggulkan fitur-fitur multimedia, seperti radio FM juga perekam audio dan video, sekaligus kamera digital terintegrasi dengan harga yang kompetitif. Sedangkan, Nokia 1680 Klasik, diklaim oleh Nokia sebagai ponsel kamera Nokia yang termurah. Selain kamera VGA 300.000 pixelyang menawarkan 64.000 warna pada layar TFT, ponsel ini dilengkapi dengan Nokia Xpress Audio Messaging, IM, kamus, dan lainnya.



"Produk-produk ini baru didistribusikan di Indonesia beberapa minggu ke depan, masih belum tersedia di pasar. Jadi, harganya pun belum bisa dipatok di kisaran berapa. Yang jelas ketiga-produk ini dibandrol di bawah Rp1,5 juta. Bahkan untuk seri 1680, harganya bisa di bawah Rp1 juta," ucap Country Manager Nokia Indonesia Hasan Aula di Plaza Bapindo, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (22/5/2008).

Menurutnya, trend ke depan adalah meningkatnya pertumbuhan demand dari masyarakat mid-low untuk membeli ponsel dengan harga terjangkau dengan teknologi yang cukup. "Nantinya akan kita sesuaikan dengan affordability konsumen. Dalam beberapa tahun ke depan, growth level di daerah-daerah kan meningkat," tukasnya.

Adapun strategi-strategi distribusi yang diusung Nokia Indonesia adalah diantaranya bekerja sama dengan operator-operator selular. "Karena menurut kami, produk kami bisa laku terjual tidak lepas dari dukungan operator-operator yang ada," akunya. Disamping itu, Hasan Aula menambahkan, Nokia juga memfokuskan pengembangan komunikasi dan memperkuat brandingnya di pasar. Selain itu, Nokia juga akan memperluas care center untuk ekspansi pasar yang lebih luas.

"Kalau semua poin ini terpenuhi, saya kira pertumbuhan Nokia di emerging market besar," ungkap Hasan optimis.

Untuk jajaran tiga produk Nokia ini, Hasan menuturkan, produksinya masih dilakukan di Asia, meliputi China, India, Korea. Produk-produk Nokia di Asia didistribusikan dari tiga kota tersebut."

Read More!

Nokia Tetap Bidik Emerging Market Meski Sudah Kuasai 40%

JAKARTA - Nokia hari ini memperkenalkan tiga produk terbarunya yang dikategorikan terjangkau oleh Nokia Indonesia, yakni Nokia 5000, Nokia 2680, dan Nokia 1680. Ketiga ponsel ini diyakini mampu memperkuat posisi Nokia di emerging market.

"Maksud kami emerging market itu adalah kategorisasi wilayah-wilayah yang growth pasarnya tinggi, seperti pasar Indonesia, India, dan China," tutur country manager Nokia Indonesia Hasan Aula di Plaza Bapindo, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (22/5/2008).


Menurut Hasan, masyarakat emerging market menginginkan tuntutan lebih banyak dari ponsel mereka, baik fungsi, fitur, dan desain, dengan perbedaan taraf pendapatan yang dimiliki," katanya. "Untuk itu, kali ini kami coba tawarkan produk yang sekiranya dapat mengekspansi segmen pasar ini, misalnya dengan menawarkan ponsel kamera dengan besar resolusi tertentu namun dengan harga yang terjangkau," imbuhnya.

Sementara itu, Nokia juga mengatakan bahwa pasarnya tidak hanya pada entry market (first time buyers), tetapi juga replacement market. "Lebih dari 50 persen dari total seluruh segmen market kita adalah entry-level, namun tingkat replacement market kami pun tinggi, bahkan tidak hanya terjadi di pasar high-end user, tetapi juga low-end user. Ini sudah terjadi secara natural. Penetrasinya sama-sama tinggi. Memang, persentase hi-end relatif lebih besar," Hasan memaparkan.

Secara global, menurut Hasan Aula, market share Nokia adalah sekira 40 persen, tapi ia mengaku tidak berwenang untuk memaparkan market share di Indonesia.
Read More!

LG KU990 Viewty vs Samsung Soul : “2 Petarung dari Negeri Gingseng”

Bila kita perhatikan dalam beberapa bulan terakhir, dua produsen asal Korea Selatan, yaitu Samsung dan LG terus mencuri perhatian pasar. Mereka secara ekstensif terus menggulirkan ponsel-ponsel ternyar dengan desain dan fitur nan mengagumkan. LG menggadang seri KU990 Viewty, sementara pesaingnya mengenalkan Samsung Soul.


Dibekali fitur multimedia nan komplet, LG memiliki satu fitur unggulan yakni kamera 5 MPix, lengkap dengan auto fokus dan zoom. Tak cuma itu, format video DiVx dapat diputar pada layar ponsel berukuran 3 inchi ini. Buat koneksi ke dunia maya, LG Viewty disenjatai dengan HSDPA. Menggandeng Google, ponsel ini memiliki akses lengkap ke situs-situs milik Google.

Dibalut perangkat titanium yang classy, dan ketebalan ponsel hanya 12.9 mm, menjadikan Samsung Soul sebagai perangkat yang kuat namun tetap gaya. Tak heran jika Samsung menyebut produk terbarunya ini sebagai “The Spirit of Ultra”, perhiasan baru dalam segmen ponsel gaya Samsung. Tidak seperti ponsel-ponsel gaya lainnya yang hanya indah dilihat, Samsung Soul SGH-U900 ini ternyata dilengkapi fitur-fitur yang tak kalah canggih dengan ponsel pintar lainnya.

Tidak hanya mengandalkan layar sentuh, LG juga memfungsikan berbagai tombol untuk mengoperasikan sebagian fiturnya. Salah satunya adalah tombol untuk memotret. Di sisi kanan ada tombol shutter untuk fungsi kamera dan video, tombol kunci dan switcher untuk memilih fungsi kamera, video dan playback. Di bagian bawah layar ada tombol mengawali dan menutup panggilan serta tombol kembali. Di bagian belakang ponsel terdapat jog wheel yang multifungsi untuk memilih menu, mengontrol volume, dan melakukan slow motion saat sedang menggunakan fitur video player. Berbekal kekuatan lensa 5 mega pixel, kualitas gambar yang dihasilkan sekualitas kamera digital.

Sama dengan Viewty, Samsung Soul juga dukungan kamera berkekuatan 5 megapiksel. Resolusi kamera sebesar ini memungkinkan pengguna mengabadikan kejadian di sekitar dengan hasil yang berkualitas tinggi. Tak hanya itu, ponsel ini juga dirancang dengan fungsi fotografi profesional karena sudah dilengkapi dengan fungsi auto focus, power LED, face detection, image stabilizer, dan wide dynamic range (WDR).

Dari aspek desain, kedua ponsel asal negeri gingseng ini punya kelas tersendiri. Kapasitas kamera keduanya berkekuatan sama, yaitu 5 megapixel. Resolusi yang amat memadahi untuk ukuran sebuah ponsel. Lalu Anda tinggal memilih, mana diantara keduanya yang terbaik menurut Anda ?



Read More!

Sony Ericsson W890i : Generasi Baru Ponsel Walkman


Sony Ericsson termasuk produsen ponsel yang inovatif dan revolusioner dalam mengembangkan produk-produknya. Yang terbaru adalah ponsel musik seri W890. Produk ini merupakan salah satu generasi terbaru ponsel walkman, berbody slim, dan telah mendukung jaringan 3,5G HSDPA. Didalamnya telah disediakan aplikasi terbaru Walkman music player 3.0, yang akan memberikan berbagai kemudahan dalam bermusik.


Dengan desain yang gaya dan super tipis, kapasitas penyimpanan musik sebesar 2GB dan kamera 3,2 megapixel, ponsel Walkman W890i menjanjikan pengalaman musik terbaik yang dibalut dalam desain yang menarik bagi pecinta musik. Sony Ericsson W890i bisa kita anggap sebagai pengganti untuk Sony Ericsson W880i.

Ponsel Walkman W890i memberikan keuntungan untuk memperbesar memori Anda, dengan meng-upgrade-nya apabila koleksi Anda bertambah. Jika Anda merasa bosan, Anda dapat mendengarkan FM radio favorit Anda dengan ponsel ini.

Dengan kapabilitas HSDPA dari ponsel W890i, amat memudahkan Anda untuk mengunduh musik empat kali lebih cepat dari pada ponsel level 3G. Selain itu, HSDPA memungkinkan Anda menggunakan internet dengan lebih cepat dan mudah.
Read More!

Nokia about to get its clock cleaned on Comes with Music?



The latest round of rumors regarding the goings-on behind the scenes of Nokia's lofty Comes with Music paint a bleak picture for profitability -- but even scarier, they suggest that the company could be simply blown out if the initiative takes off. The problem stems from the claim that Nokia's deals with labels represent a huge gamble: that buyers of Comes with Music-compatible phones won't download more than a certain number of songs, believed to be 35. Above that, Espoo's no longer covered by a flat fee and pays the wholesale per-song rate for its customers' indiscretions. Clearly, either the rumor's wrong or Nokia seems to be betting against its own success here -- but the recent departure of a key exec involved with Comes with Music lends some credence to the latter. Maybe we don't speak for everyone here, but if we're paying a premium on our phone to earn a full year of all-you-can-eat tracks, you'd best believe we're taking full advantage.
Read More!

Qwest follows up with details on Verizon partnership


After yesterday's revealing of a sweeping new partnership with Verizon, Qwest took an opportunity during its earnings call today to go into detail on exactly what the deal means. The Baby Bell confirmed that Qwest branding will completely go away -- Verizon devices sold will be Verizon through and through, with no hint of rebranded MVNO action like the old setup with Sprint (which, in some cases, had meant Qwest exclusives like the Fusion). They also say that they're looking forward to implementing Verizon's next-gen (read: LTE) network just as soon as it's available, but really, here's our question: just what would Qwest be implementing, anyway? For all practical purposes, the company's doing nothing more than becoming a glorified authorized Verizon reseller; big wigs on the call said that the terms of the deal are "much, much better" than the old one with Sprint, and considering that they won't actually have to go through the daily grind of running an MVNO, it's no wonder. It's still unclear how Sprint customers are going to be transitioned, but we imagine Sprint proper would be happy to take 'em off Qwest's hands if it came down to it. Read More!

Porsche Design P'9521, now with more white


For most of us, the Porsche Design P'9521 is hard enough to find as it is -- but throw a limited edition into the mix, and, well, you have a very special phone indeed. The P'9521 is being re-clad in a rather striking white as part of the design firm's Pearl White Collection being launched in Taiwan this month, and the privilege of adding this one to your stable will run a mere 62,800 Taiwan dollars -- about $2,063. Pricey, yes, but at least Porsche has the common decency to throw in a 2GB microSD card and the reassurance that the odds of running into another P'9521 Pearl White user are nearly zero. Read More!

BT said to be prepping a "BlackBerry-style" hybrid handset


(Credit engadget)
Britain's top fixed-line carrier is apparently aiming to get back in the handset game, as Times Online is reporting that said company will reveal a "BlackBerry-styled" device that does everything your typical smartphone can along with one extra inclusion. According to the writeup, the forthcoming device will "switch from BT's wireless Home Hub indoors to Vodafone's network on the move," and it's expected to be sold with a broadband package. Of course, those familiar with BT will recall that this isn't the outfit's first foray in the sector, but it's hoping the new handset will fare a good bit better than the poorly received BT Fusion. So, how's about a picture of this thing? Read More!

Verizon Wireless BlackBerry Curve now available


RIM BlackBerry Curve 8330

(Credit: Verizon Wireless)

If you’re a Verizon Wireless customer and have been waiting for the RIM BlackBerry Curve 8330 ever since it was announced at CTIA 2008, today’s your day. You can now get the smartphone online for about $220 with a two-year contract … Read More!

HTC Touch Diamond officially unveiled


HTC Touch Diamond

(Credit: HTC)

As expected, HTC officially took the wraps off the HTC Touch Diamond today at a press conference in London and great googly moogly does this thing look hot. Not only does it look sexy from the outside with its sleek, black casing, but the Touch … Read More!

Tasteful external drives will trigger your sweet tooth


SimpleTech's Mini Signature Black Cherry external hard drive, like others in the series, boasts a tasteful design.

(Credit: Dong Ngo/CNET Networks)

The moment I opened the package for SimpleTech’s Mini Signature Black Cherry hard drive, I thought I must have a secret admirer.

Alas, I was Read More!

Possible mid-September release for Sony Ericsson XPERIA X1


(Credit: Engadget Mobile)

Let the XPERIA hysteria begin. Thanks to loose-lipped mobile content provider Handango, we may now know the general launch date of the Sony Ericsson XPERIA X1. According to a newsletter Handango sent out to its partners, the highly anticipated Windows Mobile smartphone will launch in “mid-September 2008″ … Read More!

HTC Touch Diamond to be announced tomorrow?


The purported HTC Touch Diamond

(Credit: Engadget Mobile)

Fact: HTC will hold a press conference in London tomorrow (May 6) to make an announcement that will highlight the “next wave of HTC innovation.” Rumor: The company is expected to introduce the HTC Touch Diamond, the next-gen HTC Touch, as well … Read More!

Persaingan Berbasis Keyboard, Apple dan RIM Akan Bertarung


CALIFORNIA - Sementara Apple sedang gencar mempromosikan iPhone, Research In Motion (RIM), pembuat software BlackBerry yang juga terintegrasi pada Apple iPhone, kini muncul menyainginya. Langkah ini membuat kesal pihak Apple yang merasa diserang oleh RIM karena telah berencana merilis versi keyboard QWERTY.

RIM semakin berada di posisi aman dalam pasarnya, yakni enterprise dan perusahaan. Dia menyatakan bahwa produknya BlackBerry ini lebih digemari karena jauh lebih akurat dengan keyboard QWERTY dibandingkan Apple yang hanya mengandalkan layar sentuh. RIM kemudian dibidik para korporat yang cenderung membutuhkan keakuratan dan menghindari email error daripada ranking dan pendapat konsumer tentang iPhone.


Berdasarkan keterangan situs AppleInsider, seperti dilansir InformationWeek, Senin (5/5/2008), pihak RIM mengatakan, "Sebagai bagian dari tim baru, Anda akan terpengaruh oleh pengembangan dan desain software BlackBerry. Teknologi terbaru RIM ini mengadopsi pengalaman dari pengembangan Mac, JavaScript, XML, dan layanan MacSync."

Ketika pengguna iPhone mulai tertarik untuk mencoba keakuratan dari iPhone versi keyboard, hasil tes independen telah menemukan beberapa error pada iPhone versi layar sentuh. Hal ini disampaikan kepada pihak Apple, dan menyarankan Apple untuk tidak menjadikan iPhone ini sebagai produk prioritas.

"Saya tidak bisa mengetik di layar ini, masih belum bisa. Tidak hanya saya, teman-teman saya pun mengaku sulit untuk melakukannya," tukas co-chief visionary RIM Mile Lazaridis kepada The New York Times. "Sangat sulit untuk mengetik pada layar sentuh," imbuhnya.

Teknologi iPhone dengan keyboard diperkenalkan oleh orang-orang yang tergabung dalam Haptic dari Glasgow University, namun, hingga kini teknologi tersebut belum bisa dipublikasikan.
Read More!

Indosat Gelar Jaringan SKKL JAKABARE


JAKARTA - PT Indosat Tbk (Indosat) baru-baru ini memulai pembangunan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) JAKABARE yang akan menghubungkan Indonesia dengan Singapura. JAKABARE merupakan jaringan kabel laut sepanjang lebih dari 1.300 kilometer, meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Batam, dam Singapura.

"Pembangunan SKKL Jakabare ini merupakan wujud komitmen investasi kami di tahun 2008 untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan telekomunikasi, khususnya dalam mendukung kebutuhan bandwidth yang tinggi untuk layanan komunikasi data dan internet," demikian disampaikan oleh Direktur Utama Indosat Johnny Swandi Sjam melalui keterangan resmi yang diterima okezone, Senin (5/5/2008).


SKKL Jakabare diharapkan akan selesai pembangunannya pada semester I-2009 ini. Sistem komunikasi ini mampu menyediakan kapasitas 160 Gbps hingga 640 Gbps yang akan memberikan konektivitas bandwidth yang tinggi.

Indosat berharap pembangunan SKKL tersebut dapat mengantisipasi pertumbuhan pasar layanan komunikasi data dan internet di Indonesia. Jaringan ini dilaporkan nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kapasitas jaringan yang melayani rute Indonesia ke Singapura.

"SKKL Jakabare ini akan memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan pasar broadband di Indonesia. Kami berharap SKKL Jakabare ini akan dapat mendukung perusahaan dalam memberikan layanan komunikasi data dan internet dengan kualitas yang semakin baik dan meningkatkan kenyamanan komunikasi data pelanggan," tutur Johnny.

Proyek jaringan SKKL Jakabare yang dikerjakan Indosat bersama dengan mitranya NEC Corporation, akan memiliki 4 titik pendaratan di masing-masing pulau antara lain Tanjung Pakis (Karawang, Jawa Barat),� Sungai Kakap (Pontianak, Kalimantan Barat), Tanjung Bemban (Batam), dan Changi (Singapura).
Read More!

K-Touch E60 : “Ponsel 3MP, Bisa Langsung Cetak”


K-Touch, vendor ponsel China yang baru delapan bulan menjajal bisnis peranti telekomunikasi ini, sudah meluncurkan 12 seri ponsel dengan beragam fitur dan keunikan masing-masing. Vendor ponsel yang menyasar low end dan mid end ini menjegal pasar ponsel harga sekitar Rp2 juta. Di bawah jalur distribusi PT Dian Graha Elektrika, K-Touch mencoba menarik perhatian pasar dengan seri TV ponsel, fashion, dual GSM mode atau seri musik. Sebagai ponsel teranyar K-Touch E60 dengan layar lebar 2,6 inci, desainya tampil menawan.


Fiturnya lengkap dengan salah satu terobosannya adalah, pengguna bisa langsung mencetak foto langsung dari handphone. Kekuatan 262.144 warna TFT menjanjikan display jernih dan tajam. Bahkan, ponsel ini sudah membenamkan kamera tiga megapixel dengan dukungan autofokus dan lampu flash. Fitur lainnya adalah radio FM, light & sensor, Java, e-mail, bluetooth, A2DP serta slot micro SD.

Fitur unik yang belum banyak ditemukan pada vendor lain adalah fitur text to speech dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Mengenai layanan service dan distribusi, K-Touch telah menggandeng PT Dian Graha Elektrika sebagai Autorized Service Center. Dengan demikian, layanan purna jual K-Touch sudah tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Sebagaimana produk baru pada umumnya, K-Touch juga melakukan serangkaian promosi. Diantaranya menggandeng beberapa hypermarket dan sejumlah perbankan ternama
Read More!

Nokia Luncurkan HP terbarunya


Nokia memperkenalkan trio perangkat bergerak dengan keseimbangan antara penampilan canggih dan memukau dengan fungsionalitasnya. Ketiga perangkat tersebut, Nokia 6600 fold, Nokia 6600 slide dan Nokia 3600 slide menunjukkan disain yang mulus, minimalis dengan serangkaian fitur menarik dan mudah digunakan. Perangkat-perangkat ini diharapkan akan mulai dikirimkan pada kuartal tiga 2008.

"Ada permintaan konsumen yang kuat terhadap perangkat bergerak yang menggabungkan penampilan yang anggun dengan kemampuan modern," kata Director Connect Devices Mikkel Drucker. "Masing-masing dari ketiga perangkat yang diperkenalkan hari ini menawarkan porsi yang sedikit berbeda dalam bahasa disain. Kami percaya ketiganya cantik digunakan dan cantik untuk dimiliki dan menawarkan beragam pilihan," tambahnya.



Nokia 6600 fold - Cerdas dan Canggih
Cukup dengan satu sentuhan di tombolnya, Nokia 6600 fold yang anggun ini langsung terbuka dan menunjukkan layar OLED 2,13 inci yang memukau, mampu menampilkan hingga 16 juta warna. Rancangannya mulus dengan ciri khas smooth back dari Nokia 6600 menghadirkan kontur yang nyaman dalam keadaan terbuka dan tetap indah dan kompak dalam keadaan tertutup. Permukaan Nokia 6600 fold yang mengkilap akan langsung hidup ketika diketuk dua kali untuk membangunkan layar di bagian luarnya yang tersembunyi, menampilkan waktu, pesan-pesan yang masuk, panggilan tak terjawab dan banyak hal lain. Dua kali ketukan pada Nokia 6600 fold juga menidurkan alarm, mengaktifkan mode senyap dan menolak panggilan masuk.

Melalui serangkaian kemampuan mobilitas yang terwujud dari ukurannya yang kompak, Nokia 6600 fold adalah bukti nyata bahwa kecantikan bukan sekedar tampil di kulit luarnya saja. Teknologi 3G memungkinkan berbagi gambar dan merekam video dengan cepat dan mudah melalui kamera 2 megapiksel terintegrasi dengan lampu kilat LED ganda. Akses cepat juga memudahkan membuka layanan Internet seperti Yahoo! Go atau Flickr. Nokia 6600 fold ini pas dan cocok dalam saku dan tas tangan wanita.

Nokia 6600 slide - Kompak dan Seimbang
Sebagai salah satu handset slide terkecil Nokia saat ini, Nokia 6600 slide sesuai dengan predikatnya tersebut, bergeser membuka dengan mulus di tangan. Penampilan Nokia 6600 slide dengan permukaan yang berkilau, penutup dari baja berkualitas tinggi dan tombol tengah dari aluminium mewakili kedua unsur keanggunan dengan kesederhanaan visual. Kemampuannya yang berimbang diciptakan agar handset ini menarik dan intuitif. Mengetuk Nokia 6600 slide dua kali akan meunjukkan waktu, menidurkan alarm, menunjukkan alarm dan mengaktifkan mode senyap atau menolak panggilan masuk.

Kamera 3,2 megapiksel mampu mengabadikan gambar berkualitas tinggi dan video yang bisa dibagi melalui layanan Internet atau pesan multimedia langsung dari menu foto. Layar QVGA 2,2 inci yang lebar mampu menampilkan 16 juta warna juga memudahkan anda berkeliling kota berkat aplikasi Nokia Maps yang bisa ditingkatkan kemampuannya melalui komponen pilihan Nokia Bluetooth GPS Module LD-4W dengan lisensi navigasi terpisah. Nokia Bluetooth GPS Module LD-4W yang ramping dan ringan ini memiliki disain yang inovatif, membawa navigasi Bluetooth keluar dari mobil ke tangan para pelancong dan pecinta travelling. Harga Nokia 6600 slide diperkirakan sekitar 250 Euro belum termasuk pajak dan subsidi.

Nokia 3600 slide - Kombinasi kontemporer

Nokia 3600 slide bertujuan mengambil hati orang dengan perpaduan warna bercita rasa tinggi, dengan material dan sentuhan akhir yang memukau, dengan kemampuan lengkap. Teknik pewarnaan keramik halus dan metal yang dikombinasikan dengan permukaan berkilau serta gradasi warna membuat Nokia 3600 slide ini cantik untuk dilihat maupun digenggam. Nokia 3600 slide ini sama-sama cantik didengar sebagai produk Nokia pertama yang dilengkapi kemampuan menghilangkan suara latar belakang yang berisik. Lewat pemutar musik, Nokia 3600 slide mampu memainkan 3.000 lagu pilihan dengan pilihan kartu microSD 4GB.

Bentuk Nokia 3600 yang kecil dan ergonomis ini dilengkapi juga dengan kamera 3,2 megapiksel dengan autofokus dan 2 lampu kilat LED yang cocok untuk mengambil gambar dan merekam video, bahkan dalam kondisi pencahayaan kurang. Kemampuan TV-out yang langsung bisa menyambungkan Nokia 3600 slide dengan televisi pada umumnya sehingga gambar dan video bisa langsung dinikmati dan dibagi.

Ketika kecantikan Nokia 3600 akan menunjukkan siapa pemiliknya, di sisi lain aplikasi Nokia Maps dengan pilihan Nokia Bluetooth GPS Module LD-4W akan menunjukkan banyak hal kepada sang pemilik tentang dunia. Aplikasi Nokia Maps menampung lebih dari 15 juta titik-titik kunjungan, termasuk restoran, toko, hotel dan masih banyak lagi.

Sebagai pelengkap ketiga handset yang diluncurkan, adalah Nokia Bluetooth Headset BH-803 yang juga mengambil gaya klasik pada handset dengan disain keren dan pengerjaan detail pada lapisan stainless steel. Pilihan ear loop membuatnya nyaman penggunaannya, dengan kualitas suara yang tiada taranya, pengendalian volume yang sensitif, serta aktivasi voice dialing memudahkan penggunaan Nokia Bluetooth Headset BH-803 ini.

Read More!

Penurunan Tarif Seluler Redam 'Amukan' Inflasi

Jakarta - Inflasi April sebenarnya bisa 'mengamuk' lebih tinggi dari 0,57%. Semua karena penurunan tarif pulsa telepon seluler, yang telah memberikan sumbangan terbesar terhadap deflasi di bulan April 2008 sebesar 0,21%.

Hal tersebut disampaikan disampaikan Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konferensi pers di kantor BPS, Jalan DR Sutomo, Jakarta, Jumat (2/5/2008).

"Kalau tidak ada penurunan tarif telepon seluler ini, inflasi itu bisa lebih tinggi dari 0,57%. Jadi inflasi itu kalau tidak penurunan tarif ini, itu 0,57% ditambah 0,21% tadi. Jadi cukup tinggi," jelas Rusman.


Selain itu, penyumbang deflasi di bulan April karena penurunan harga beras. Rusman mengatakan, penurunan harga beras menyumbang deflasi 0,09%.

"Selain tarif ponsel dan beras tersebut, ikan segar dan cabe merah juga menyumbang deflasi sebesar 0,05% di bulan April," katanya.

Inflasi pada April, dikatakan Rusman, memang jauh lebih jinak jika dibandingkan inflasi Maret 2008 yang sebesar 0,95%.

"Inflasi year on year memang cukup tinggi 8,96% karena pada April 2007 terjadi deflasi sebesar 0,16%. Karena itu, yang perlu diwaspadai adalah bulan Mei. Jika Mei lebih tinggi tingkat inflasinya dibandingkan Mei 2007 yang sebesar 0,10%, maka year on year-nya bisa tembus 9%," papar Rusman.
Read More!

10 Tips Sebelum Membeli PDA

Jakarta - Personal Ddigital Assistant (PDA) belakangan kerap menjadi gadget pilihan di kalangan pebisnis atau orang yang mobilitasnya tinggi. Selain bisa digunakan sebagai ponsel, perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai notebook untuk menyimpan agenda kegiatan misalnya, atau aplikasi perkantoran.

Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membeli PDA. Simak info yang diramu detikINET dari Techrepublic, Jumat (2/5/2008) berikut ini:


1. Service Network
Salah satu pertimbangan pertama sebelum membeli PDA adalah service network, apakah beroperasi di jaringan GSM, CDMA, EDGE, dan sebagainya. Pastikan bahwa perangkat tersebut kompatibel dengan infrastruktur jaringan yang tersedia. Terlebih bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, pastikan gadget tersebut kompatibel dengan network service dimana Anda berada.

2. Kualitas Panggilan
Manufaktur ponsel dan PDA kerap menyuguhkan banyak fitur pada produk mereka, mulai dari MP3 player hingga streaming video dan game. Namun seringkali kualitas suara kurang diperhatikan, padahal ini adalah salah satu fungsi penting utamanya bagi yang memiliki mobilitas tinggi. Sebelum membeli PDA, sebaiknya cek terlebih dulu kualitas panggilan model handset yang Anda incar itu.

3. Umur Baterai
Umur baterai juga harus dijadikan pertimbangan saat akan membeli PDA/ponsel. Berapa lama waktu standby perangkat tersebut, apalagi jika Bluetooth diaktifkan.

4. Bandwidth
Tidak semua jaringan menawarkan transmisi data yang maksimal. Jika Anda termasuk sering men-download file berukuran besar via ponsel, pastikan ponsel yang Anda beli kompatibel dengan jaringan data yang lebih cepat.

5. Kompabilitas
Pastikan PDA Anda bisa disinkronisasi dengan mudah dengan platform dan aplikasi lain.

6. Bluetooth
Perlu diketahui, fitur nirkabel seperti Bluetooth bergantung pada daya tahan baterai. Bagi Anda yang sering bepergian, mungkin Anda akan sering mengaktifkan Bluetooth agar bisa terkoneksi secara nirkabel ke laptop atau internet. Untuk itu, pastikan perangkat Anda memiliki konektivitas Bluetooth yang baik dan juga umur baterai yang cukup lama.

7. Kenyamanan
Jangan hanya tergiur dengan desain ponsel yang revolusioner. Pertimbangkan juga apakah Anda nyaman menggunakannya. Misal, ada orang yang suka dengan ponsel jenis sliding untuk menampilkan keypad-nya, namun ada yang merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti itu. Bahkan ada yang lebih suka dengan keyboard sistem layar sentuh.

8. Mudah Di-upgrade
Memory yang terbatas seringkali menjadi masalah jika Anda ingin menambahkan aplikasi perkantoran ke PDA Anda. Pastikan PDA/ponsel yang Anda beli mudah di-upgrade dan jenis memory-nya cocok dengan perangkat tersebut, seperti mini SD, MultiMediaCard, dan SD card.

9. Aplikasi Perkantoran
Beberapa PDA ada yang loading-nya lama saat membuka aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office. Tak semua ponsel bisa menampilkan atau mengedit dokumen Word dan Excel, bahkan ada yang tidak bisa mengakses aplikasi presentasi PowerPoint. Untuk itu pastikan PDA yang akan Anda beli kompatibel dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

10.Voice Dialing and Recognition
Beberapa ponsel ada yang menawarkan fungsi voice recognition dan voice dialing untuk memudahkan pengguna ponsel mengakses informasi yang dibutuhkan seperti memanggil daftar kontak dengan suara, navigasi menu dan sebagainya. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan saat membeli PDA/ponsel, apakah Anda menginginkan fitur tersebut?

Read More!

Intip Penyakit Dalam Tubuh dengan Ponsel


Jakarta - Setelah sebelumnya telah dikembangkan sebuah laptop yang dapat memindai organ dalam manusia, kini hanya dengan sebuah ponsel, penyakit yang bersarang di tubuh manusia bisa dilihat.

Itu semua berkat pemikiran para ahli di University of California, Berkeley. Para ahli ini menggabungkan scanner dengan ponsel, sehingga dengan ponsel tersebut dapat diketahui penyakit yang ada di organ dalam tubuh manusia.

Tentunya, kehadiran teknologi tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi negara berkembang yang belum banyak tersentuh teknologi scanner macam ultrasound, sinar X dan teknologi lainnya.


Lazimnya teknologi pemindai organ tubuh terdiri dari scanner, prosesor, dan monitor video yang memiliki harga selangit. Misalnya, mesin ultrasound lengkap dengan berbagai komponennya dibandrol seharga USD 70 ribu atau sekitar Rp 644 juta. Oleh karena itu para ahli berusaha mengembangkan sebuah scanner portabel sederhana yang dapat ditautkan ke ponsel.

Ponsel tersebut akan mentransimisikan data mentah ke prosesor, kemudian gambar akan ditampilkan di layar ponsel. Scanner portabel tersebut terhubung ke ponsel dengan kabel USB dan diuji coba menggunakan kontainer berisi gel yang mensimulasikan jaringan payudara yang terkena tumor. Kemudian akan muncul sebuah gambar simulasi tumor di layar.

"Lebih dari separuh alat-alat medis di negara berkembang tidak terpakai atau rusak karena terlalu rumit atau mahal untuk digunakan. Teknologi yang kami kembangkan harganya tidak mahal dan dapat dijangkau oleh tim medis di negara-negara berkembang, sehingga mereka dapat dengan lebih mudah mendiagnosa kondisi pasiennya, " papar Boris Rubinsky salah satu ahli di Berkeley, seperti dikutip detikINET dari Foxnews, Sabtu (3/5/2008).

Yair Granot salah satu tim peneliti menandaskan, "Kita dapat melihat film utuh di iPod, berarti ukuran layar ponsel mestinya tidak menjadi hambatan di sini."
Read More!

Rp.13/Detik ke Operator Lain Pakai Kartu As


JAKARTA - Telkomsel memberlakukan tarif penggunaan Kartu As hanya Rp.13 per detik ke semua operator sepanjang hari. Artinya selama satu menit, pengguna Kartu As hanya dibebankan Rp.780 perak untuk menelepon ke operator lain.

"Tarif Rp.13 per detik ini benefitnya secara nyata langsung dinikmati pelanggan kartu As -bahkan dari detik pertama-layaknya sebuah kado bagi seluruh pelanggan, sebagaimana diketahui bulan Mei ini Telkomsel memasuki usia ke-13," ujar Manager Corporate Communications Suryo Hadiyanto, melalui keterangan resmi, Jumat (2/5/2008).


Dengan berlakunya program tarif hemat Rp.13 perdetik, yang berlaku hingga 30 Juni ini, tentunya semakin memberikan penghematan anggaran komunikasi yang signifikan, dimana sebelumnya Kartu As juga dikenal sebagai kartu prabayar pertama yang memiliki skema tarif flat perdetik ke semua nomor operator ke seluruh Indonesia: yakni Rp 20/detik sesama Telkomsel, serta ke operator lain Rp. 30/detik. Bahkan untuk SMS sesama Telkomsel saat ini berlaku tarif Rp. 88/SMS.

"Hal ini tentunya semakin meningkatkan nilai kompetitif Kartu As sebagai kartu prabayar yang sangat fenomenal di mana hanya dalam 3 tahun 11 bulan telah digunakan oleh lebih dari 21 juta pelanggan. Sebagai kartu prabayar pertama di Indonesia yang memperkenalkan skema tarif perdetik dan flat, Kartu As juga dilengkapi dengan ragam pilihan isi pulsa mulai Rp 5.000, Rp 10.000, hingga Rp 100.000," tambah Suryo.

Melengkapi program ini, pelanggan Kartu As juga berkesempatan menikmati biaya komunikasi yang makin hemat dengan Kartu As SMS Makin Murah yaitu dengan hanya Rp 10.000 pelanggan akan mendapatkan 200 SMS ke lebih dari 52 juta pelanggan Telkomsel untuk masa pemakaian selama 14 hari. Apabila dalam masa tersebut pelanggan menambah pembelian maka pelanggan akan mendapatkan lebih banyak SMS, yaitu sebanyak 300 SMS.

Dengan mengikuti Kartu As SMS Makin Murah ini, pelanggan juga dapat menikmati tarif SMS ke selain operator hanya dengan setengah harga atau seharga Rp 74,5/SMS. Selain itu tersedia pula Kartu As Chatbox, yakni chatting sepuasnya hanya dengan paket Rp 9.900/bulan dan bahkan sudah termasuk biaya akses datanya (GPRS/3G/HSDPA).
Read More!

LG KS-20 Ancam Eksistensi Apple iPhone


Kehadiran telepon seluler cerdas Apple iPhone harus diakui telah menginspirasi sejumlah produsen melahirkan ponsel yang lebih unggul, serta bernafsu membenamkan eksistensi iPhone itu sendiri. Adalah LG, pabrikan Korea Selatan ini merilis ponsel anyar seri KS-20. Smartphone yang digadang sebagai penerus kesuksesan LG Prada itu memiliki fungsi-fungsi sebagaimana layaknya sebuah komputer. Karena itu kemudian ponsel ini juga bisa dijuluki sebagai PDA phone.


KS-20 merupakan ponsel cerdas pertama LG yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile 6. Artinya, ia juga mendukung aplikasi produktivitas untuk pekerjaan kantor, dengan Windows Mobile Office-nya. Desainnya masih mengambil hitam sebagai tema utama, yang membuatnya tak jauh beda dengan tampang dengan Prada ataupun iPhone. Bedanya dengan Prada, KS20 menggunakan tombol navigasi bulat empat arah.

Selain itu, ponsel tri-band GSM yang tebalnya 12,8 milimeter ini juga memiliki kamera 2 megapiksel; bisa untuk melakukan video call; serta menyediakan pemutar radio FM, pemutar musik, dan video. Semua file dapat disimpan di memori internal sebesar 128 megabita ataupun memori eksternal Micro-SD.

Over all, dari aspek desain, ponsel seharga Rp 5 jutaan ini memang kalah mentereng dibanding LG KE850 yang kena sentuhan rumah mode Prada. Tapi yang jelas, dengan spesifikasi teknis yang ada, KS-20 ini lebih unggul dibanding LG Prada, bahkan iPhone sekalipun.
Read More!

Hasil Merger dua desain kondang


Begitu sengitnya persaingan pada industri telepon seluler atau ponsel, sampai-sampai para vendor perlu menggandeng seorang disainer beken untuk memberikan sentuhan eksklusif pada produknya. Setidaknya inilah yang terjadi pada dua produsen kenamaan asal Korea Selatan, yaitu LG kerja bareng dengan Prada, sedangkan Samsung memilih Georgio Armani sebagai mitra bisnisnya. Apa motivasi sesungguuhnya yang menarik vendor berkolaborasi dengan para disainer ternama.


Harus diakui, nama Prada dan Georgio Armani, bukan nama yang asing bagi mereka yang terbiasa berkecimpung dalam kehidupan socialite. Karena hal inilah maka baik Samsung maupun LG sudah bisa ditebak bakal membidik segment pengguna yang melek gadget tetapi juga sadar akan mode. Dan yang pasti konsumen yang fanatik pada nama Prada dan Armani. Benarkah keterlibatan dua nama besar ini bisa mendongkrak sebuah desain produk ponsel ?

Perkara desain, gaya dan seni, boleh jadi masing-masing orang punya subjektivitas yang berujung pada fanatisme nama produk. Tetapi bagaimana dengan kecanggihan dua ponsel dibalik desain yang stylish and glamour itu ? Hmm, rupanya kedua ponsel ini mengaplikasikan teknologi touch-screen sebagai media navigasi.

Sebagai multimedia, P720 atau Samsung Armani dilengkapi dengan fitur micro SD slot, 60 MB internal memory, dan juga Bluetooth 2.0 dengan dukungan A2DP! Yang menarik, handphone ini adalah kemungilan ukurannya. Adapun LG Prada yang punya nama lain LG KE850 ini memiliki antar muka menu dengan layar sentuh sehingga tak diperlukan lagi kehadiran keypad konvensional.

Kemampuan multimedia dan radio FM juga telah didukung oleh ponsel yang unik dan elegan ini. Dari segi ukuran, P720 memiliki tebal hanya 10.5 mm, lebih tipis dari LG Prada yang memiliki tebal 12mm. Selain itu handphone ini juga dilengkapi dengan layar 2.6 inci TFT dan kamera 3.15 megapixel, atau lebih besar resolusinya dari LG Prada yang hanya 2 megapixel!

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah music player, micro SD slot, dan juga Bluetooth stereo headset serta Armani leather carrying set yang sudah dimasukkan dalam paket penjualannya. Sedianya, Samsung Armani dijual dengan harga sekitar Rp 8 juta. Sedangkan LG Prada dilego berkisar antara Rp 6-7 juta.
Read More!
Related Posts with Thumbnails